Implementasi Cloud Computing Untuk Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Berbasis Android

Asri Nanda, Hari Toha Hidayat, Mahlil Mahlil

Sari


Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang memiliki peran penting dalam menghubungkan berbagai masyarakat di seluruh dunia. Data dari survei EF EPI (English Proficiency Index) menunjukkan bahwa Indonesia memiliki skor kemampuan bahasa Inggris sebesar 52.12. Sebagai respons terhadap hal ini, sebuah platform media pembelajaran berbasis Android telah dikembangkan. Platform ini berkomunikasi dengan server cloud yang diatur melalui teknologi Docker. Aplikasi ini menjalani pengujian sistem menggunakan metode black box testing. Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki tingkat kelayakan sebesar 94% dari 50 pengguna yang berpartisipasi dalam pengujian. Selain itu, pengujian kepuasan aplikasi dengan melibatkan 50 responden menunjukkan bahwa 85% dari mereka merasa puas dengan aplikasi pembelajaran ini, sementara 15% menyatakan ketidakpuasan. Hasil dari implementasi performa cloud computing mendapatkan nilai rata-rata 8,38 permintaan per detik pada waktu respon 1 detik dengan 1/1000 permintaan. Ketika pengguna meningkat 10/1000 pengguna mendapatkan nilai rata-rata 34,19 permintaan per detik dengan waktu respon 1 detik. Cloud computing pada aplikasi berfungsi dengan baik dan aplikasi dapat diakses sampai 1000 pengguna.

Kata kunci : Android, Media Pembelajaran, Cloud Computing, Blackbox Testing

 

Abstract

English is an international language that plays a crucial role in connecting various societies around the world. Data from the EF EPI (English Proficiency Index) survey indicates that Indonesia has an English language proficiency score of 52.12. In response to this, an Android-based media learning platform has been developed. This platform communicates with a cloud server managed through Docker technology. The application undergoes system testing using the black box testing method. The results of this testing show that the application has a feasibility rate of 94% among the 50 users who participated in the testing. Furthermore, a satisfaction test involving 50 respondents revealed that 85% of them are satisfied with this learning application, while 15% expressed dissatisfaction. The performance implementation of cloud computing yielded an average of 8.38 requests per second with a 1-second response time at 1/1000 requests. When the user load increases to 10/1000 users, the average rate beccame 34.19 requests per second with a 1-second response time. Cloud computing in the application functions effectively, and the application can be accessed by up to 1000 users.

Keywords : Android, Media Pembelajaran, Cloud Computing, Blackbox Testing


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


I. Afrianto, M. F. Irfan, and S. Atin, “Aplikasi Chatbot Speak English Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android,” Jurnal Sistem Komputer, vol. 8, no. 2, pp. 99–109, Nov. 2019, doi: 10.34010/komputika.v8i2.2273.

T. Trisnawati, A. Atthariq, and S. Safriadi, “Monitoring dan Kontrol Pembibitan Tanaman Cabai Berbasis IoT (Internet of Things),” Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (J-AISE), vol. 2, no. 2, Nov. 2022, doi: 10.30811/jaise.v2i2.3879.

M. Wahyudi and A. Irfan, “Implementasi Sistem Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Enrekang Berbasis Cloud Computing,” Jurnal Manajemen Informatika, Sistem Informasi dan Teknologi Komputer (JUMISTIK) , vol. 1, no. 1, 2022.

A. Khaliq, “Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android Untuk Belajar Huruf Hijaiyah,” Jurnal Nasional Teknologi Komputer, vol. 1, no. 1, 2021.

S. Zhang et al., “Using technology-based learning tool to train facial expression recognition and emotion understanding skills of Chinese pre-schoolers with ASD,” Int J Dev Disabil, vol. 65, no. 5, 2019.

T. Bhardwaj and S. C. Sharma, “Cloud-WBAN: An experimental framework for cloud-enabled wireless body area network with efficient virtual resource utilization,” Sustainable Computing: Informatics and Systems, vol. 20, 2018.

S. Angreni, R. T. Sari, and I. Masyitah, “Development of Augmented Learning Media Reality for Students Learning Difficulties in Elementary School,” Journal of ICSAR , vol. 7, no. 2, 2023.

E. Riana, “mplementasi Cloud Computing Technology dan Dampaknya Terhadap Kelangsungan Bisnis Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Agile dan Studi Literatur,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 7, no. 3, 2020.

A. Ali, “Cloud computing adoption at higher educational institutions in the KSA for Sustainable Development,” International Journal of Advanced Computer Science and Applications, vol. 11, no. 3, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jaise.v3i2.4579

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Indexing :

 

Creative Commons License
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (JAISE) licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.