Analisis Sistem Pemeringkatan Perangkingan Calon Mahasiswa Baru di STKIP Bumi Persada Lhokseumawe

Teuku Afriliansyah, Merri Hari Yanni

Sari


Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bumi Persada Lhokseumawe kembali menerima calon mahasiswa baru melalui beberapa jalur penerimaan. Salah satunya yaitu pada jalur Prestasi dan Kurang Mampu. Berdasarkan hasil survei dan wawancara yang dilakukan dengan Kepala Bagian Sistem Informasi STKIP Bumi Persada Lhokseumawe, masih terdapat banyak kekurangan dalam melakukan seleksi jalur Penerimaan melalui program tersebut, diantaranya yaitu  terdapat perbedaan format data nilai akademik dari masing-masing sekolah, proses seleksi yang masih dilakukan secara manual serta perhitungan akhir pada nilai perankingan yang berubah ubah. Berdasarkan masalah yang ada, diperlukan membangun sebuah sistem pendukung keputusan untuk seleksi jalur prestasi dan Kurang Mampu (PdKM). Terdapat dua metode yang akan digunakan dalam perancangan sistem pendukung keputusan ini yaitu Metode Multi Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (MOORA) dan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Pada penelitian ini metode AHP bertugas untuk menghitung bobot kriteria penerimaan sedangkan metode MOORA digunakan untuk menentukan ranking calon mahasiswa. Adapun Kriteria yang digunakan yaitu data yang diambil dari rata-rata nilai rapor semester 1 – 5, nilai prestasi non-akademik, akreditasi sekolah, dan rata-rata peringkat banding jumlah siswa semester 1 - 5. Analisis hasil dilakukan menggunakan 100 data sampel, yang terdiri dari 45 data siswa SMA/MA dan 55 data siswa SMK/MAK. Saat hasil penerimaan sistem perankingan dan hasil penerimaan di STKIP Bumi Persada Lhokseumawe yang di uji, terdapat 86 siswa SMA/MA, atau sekitar 86% yang sama-sama diterima. Sedangkan untuk siswa SMK/MAK, terdapat 60 siswa, atau sekitar 60% yang sama-sama diterima. Analisis hasil menunjukkan bahwa saat bobot kriteria sistem diaplikasikan pada kedua metode perhitungan, hasil yang diberikan adalah siswa pada hasil penerimaan sistem perankingan memiliki nilai akhir yang lebih besar dari siswa pada hasil penerimaan STKIP Bumi Persada Lhokseumawe.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


T. L. Saaty, "Decision making with the analytic hierarchy process," Int. J. Services Sciences, vol. I, no. 1, pp.

D. Dalalah, F. AL-Oqla and M. Hayajneh, "Application of the Analytic Hierarchy Process (AHP) in Multi-Criteria Analysis of the Selection of Cranes," Jordan Journal of Mechanical and Industrial Engineering, vol. IV, no. 5, pp. 567 -578, 2010.

W. K. M. Brauers, E. K. Zavadskas, F. Peldschus and Z. Turskis, "Multi- Objective Optimization Of Road Design Alternatives With An Application Of The Moora Method," in The 25th International Symposiumon Automation and Robotics in Construction, Vilnius, Vilnius Gediminas Technical University Publishing House, 2008, pp. 541-548.

G. Akkaya, B. Turanoglu and S. Özta¸ ˘ s, "An integrated fuzzy AHP and fuzzy MOORA approach to the problem of industrial engineering sector choosing," Expert Systems With Applications, no. 42, p. 9565–

, 2015.

S. Chakraborty, "Applications of the MOORA method for decision making in manufacturing environment," The International Journal of Advanced Manufacturing Technology, vol. 54, no. 9, pp. 1155 - 1166, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jaise.v2i1.3083

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Indexing :

 

Creative Commons License
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (JAISE) licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.