Peran Tahanan Pentanahan pada Peralatan Listrik

Fauzi Fauzi, Radhiah Radhiah

Abstract


Sistem pentanahan merupakan bagian terpenting dari pengamanan peralatan listrik terhadap gangguan tegangan lebih akibat petir. Sistem ini harus mampu mengalirkan arus atau tegangan gangguan dengan cepat ke tanah tanpa ada hambatan. Bumi atau tanah merupakan bagian akhir dari tujuan gangguan dan jika bagian ini tidak memenuhi persyaratan maka tujuan gangguan adalah menuju ke sistem atau ke peralatan tenaga listrik sehingga sistem atau peralatan yang terganggu.Oleh sebab itu tahanan pentanahan harus dibuat serendah mungkin. Hal ini terjadi bila kita memilih metode pentanahan, tahanan jenis tanah, tahanan jenis elektroda, dan elektroda pentanahan yang memenuhai standarisasi dan persyaratan yang diwajibkan. Kegagalan tahanan pentanahan dapat mengakibatkan terganggunya kerja peralatan dan yang lebih bahaya lagi adalah terbakarnya kumparan peralatan dan terjadinya kontak langsung dengan makhluk hidup disekitarnya baik manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan (akibat tersentuh dengan bagian konduktif)

Keywords


gangguan tegangan lebih; petir; elektroda pentanahan; bumi/tanah; peralatan listrik

References


Agustina, Dian Vita. 2007. http:// eprints.undip.ac.id/25304/1/ML2F303424.Pdf. Diakses 01 mei 2014. Arismunandar. 1975. Teknik tegangan tinggi. Jakarta: Gramedia pustaka utama.

Arismunandar, Kuwahara. 1993. Teknik tenaga listrik. Jakarta: pradya paramitha. Buku petunjuk operasi pemeliharaan peralatan, Lightning arrester, PT. PLN.

Eno, soesanto. 2007. Google.com / Grounding system, diktat kuliah AMG.Pdf. Diakses 03 april 2014. Haryono, bambang. 2009.

Politeknik negeri sriwijaya. Palembang: Tidak diterbitkan. Hutauruk. 1991. Pengukuran resistansi sistem pentanahan distribusi tenaga listrik dibengkel dan laboratorium teknik listrik

Nofrian, ricky Erlangga. Pengetanahan netral sistem tenaga dan pentanahan peralatan.Jakarta: Manual book earth / ground tester 2013.

Pabla A S. Analisa perbandingan bentuk konfigurasi elektroda batang pada sistem pentanahan. Palembang: tidak diterbitkan. 1991.

(PUIL) Peraturan umum instalasi listrik Sistem distribusi daya listrik. Jakarta: Erlangga 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v18i1.2151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
P-ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.