Aplikasi Vijeo Citect Menggunakan PLC TWDLCAA24DRF Berbasis SCADA

Muhammad Ramzil Akbar, Sayed Munazzar, Yuliadi Amran, M. Nasir

Abstract


Sistem kontrol dan monitoring, seperti untuk mengontrol tekanan, temperatur, kelembaban, viskositas, dan operasi peralatan, adalah hal yang sangat penting dan harus ada pada suatu industri proses. Sistem ini memberikan kemudahan dan keamanan dalam pengoperasian industri tersebut. Penerapan sistem kontrol dan monitoring yang baik dapat berdampak pada performansi proses industri yang bagus, mempertinggi laju dan kualitas produksi, dan menurunkan biaya produksi. Salah satu sistem kontrol yaitu software Vijeo Citect/SCADA. Pada penelitian ini, dilakukan pengujian terhadap penggunaan software Vijeo Citect SCADA sebagai sistem kontrol dan monitoring pada level air otomatis. Hasil observasi yang diperoleh dengan menggunakan sofware ini adalah sistem kontrol beroperasi otomatis dan tampilan hasil monitoring adalah real time. Sistem bekerja sesuai dengan ledder diagram dan diatur pada rung analog. Jika tegangan yang diperoleh 1,25 V maka rung ledder 500 bit, apabila tegangan dinaikkan 2,5 V maka rung ledder 1.000 bit, jika tegangan 3,75 V maka rung ledder menjadi 1.500 bit, dan akhir tegangan sampai 5 V diperoleh total dari keseluruhan rung analognya 2.000 bit.


Keywords


SCADA; vijeo citect; PLC TWIDO24DRF; analog

References


Indrawan, R. (2008). Rancang Bangun Smart Packaging Machine dengan Mengintegrasikan Programmable Logic Controller (PLC) Berbeda Vendor (PLC Allen Bradley dan SCADA). Surabaya: Proyek Akhir Teknik Elektro Industri PENS-ITS. Karya tidak diterbitkan.

Schneider. (2010). Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA). Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Jamaluddin. (2004). Modul Ajar PLC, Lhokseumawe: Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Jamaluddin. (2011). Pemrograman Fungsi Relay Impuls Menggunakan Instruksi Drum Controler Pada Sistem Pengendalian Menggunakan Programable Controller. Jurnal Litek: Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika, 8(1).

Jamaluddin. (2012). Aplikasi Sistem Scada Pada Pengendalian Air Kotor Menggunakan Programmable Controller. Lhokseumawe: Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Laksono, T. P. M. (2012). SISTEM SCADA WATER LEVEL CONTROL MENGGUNAKAN SOFTWARE WONDERWARE INTOUCH. Edu Elektrika Journal, 1(2).

Firaz, F., Gunawan, A. I., & Tjahjono, A. (2011). Vijeo Citect SCADA sebagai HMI Berbasis TCP/IP Multivendor Networking PLC. EEPIS Final Project.

Akbar, M. R. (2015). Aplikasi Input Analog Pada Sistem Pengendalian Air Limbah Berbasis SCADA Menggunakan PLC. Lhokseumawe: Politeknik Negeri Lhokseumawe




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v17i1.1689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
P-ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.