Pemanenan Energi Frekuensi Radio 1.800 MHz menggunakan Rectifier Antena untuk Perangkat Portable

Ipan Suandi, Hanafi Hanafi, Rachmawati Rachmawati

Abstract


Penggunaan energi alternatif untuk saat ini merupakan hal yang sangat penting, dikarenakan makin menipisnya ketersediaan energi di alam. Salah satu contoh potensi energi yang tidak kita sadari kehadirannya disekitar kita adalah gelombang frekuensi radio atau yang biasa dikenal dengan gelombang RF, yang dapat digunakan sebagai energi alternatif dari sumber daya yang belum dimanfaatkan. Gelombang RF ini dapat dipanen untuk dapat dimanfaatkan sebagai sumber catu daya pada perangkat bergerak yang berdaya rendah. Oleh karena itu, dirancang dan dibuatlah rectifier antena (rectena) untuk dapat melakukan pemanenan energi gelombang RF. Rectifier antena dibuat dengan menggunakan antena mikrostrip patch lingkaran yang dapat digunakan untuk memanen energi RF dengan frekuensi 1.800 MHz dan mengkonversikannya menjadi tegangan DC menggunakan rangkaian rectifier. Hasil pabrikasi antena mikrostrip patch circular ini dibuat dengan menggunakan bahan FR-4 epoxy dengan nilai konstanta dielektriknya = 4,4, dimensi patch = 21,7 mm, lebar substrat = 100 mm, dan panjang substrat = 100 mm. Hasil pengukuran antena mikrostrip patch circular yang dirancang dan direalisasikan ini memiliki VSWR sebesar 1,58 dengan return loss -13 dB dengan gain 11,94 dB. Pemanenan energi RF pada frekuensi radio dapat dilakukan dengan perangkat rectena. Tegangan yang dihasilkan masih sangat rendah yaitu sebesar 0,005 mV.


Keywords


frekuensi, rectena, antena mikrostrip, energy harvesting

Full Text:

PDF

References


Amal, Hamka, Ikhlasul. Perancangan dan Realisasi Sistem RF Energy Harvesting pada Frekuensi UHF. Universitas Telkom. 2015.

C. A, Balanis. Antenna Theory Analysis and Design. Third Edition, John Wiley & Sons, New York. 2005.

O. Ceylan, at all. Low Cost S Band Communication System Design for Nano Satellites. Recent Advances in Space Technologies (RAST), 2011 5th International Conference . Juni 2011.

P.S. Nakar. Design of a Compact Microstrip Patch Antenna for use in Wireless/Cellular Devices. The Florida State University. Thesis, 2004.

R. Garg, dkk. Microstrip Antenna Design Handbook. Artech House: Boston, London, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v15i2.1622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
P-ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.