Analisis Throughput Jaringan LAN Ad Hoc pada Ruang Indoor Menggunakan Standar Tiphon

Achmad Guntara, Hanafi Hanafi, Muhammad Muhammad

Abstract


Jaringan ad hoc terbentuk bila antara terminal Notebook, yang telah dilengkapi Wireless LAN saling terhubung. Dengan adanya jaringan ad hoc maka penggunan perangkat wireless mampu berkomunikasi secara langsung walaupun tidak menggunakan access point. Penelitian ini dilakukan pada lingkungan indoor tanpa ada penghalang. Parameter QoS yang diukur adalah throughput, dengan menggunakan standar THIPON untuk menetapkan kategori QoS. Pengujian transfer file 50 MB, 100 MB, 150 MB, 200 MB, dan 250 MB dilakukan dengan variasi jarak 5 m sampai 30 m. Hasil dari pengujian throughput diperoleh bahwa throughput rata-rata dari setiap file baik yang transfer data user 1 lebih cepat melakukan transfer file daripada user 2, user 3, dan user 4. Jumlah user maksimal yang dapat tersambung dalam jaringan ad hoc ini adalah 4 user. Ini disebabkan kapasitas dari bandwidth jaringan ad hoc terbatas. Selanjutnya pada proses transfer data menggunakan 3 user dan 4 user, jarak maksimalnya yaitu 5 m, dan saat jarak 10 m terjadi error.

Kata-kata kunci: ad hoc, user, file size, wireless.


References


Anastasi, G., Borgia, E., Conti, M., & Gregori, E. (2003, May). IEEE 802.11 ad hoc networks: performance measurements. In 23rd International Conference on Distributed Computing Systems Workshops, 2003. Proceedings. (pp. 758-763). IEEE.

Sifa, Ashrul. (2006). Analisa Performansi Qos Routing Protocol Pada Jaringan Ad hoc. (Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Teknik Telekomunikasi Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom).

Wulandari, R. (2016). Analisis QoS (Quality of Service) Pada Jaringan Internet (Studi Kasus: UPT Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon–LIPI). Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2(2).

Oktavianus Roland dan M.Zulfin. 2013 “ Analisis Kinerja Trafik Web Browser dengan Wireshark Network Protocol Analyzer pada Sistem ClientServer”. (Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Telekomunikasi Fakultas Teknik Universitas Sumatra Utara). Vol.2 NO.3.

Saputra, Kelmizona.dkk. 2015. “Analisa Kualitas Jaringan Internet Berbasis HSDPA pada Jaringan XL di Wilayah Padang Utara”. Jurnal VOTEKNIKa. Padang.

Benardi, B. (2009). Analisa Unjuk Kerja Jaringan Nirkabel Ad Hoc Dalam Beberapa Situasi Yang Berbeda Ditinjau Dari Sudut Pandang Routing. Universitas Mercubuana.

Safana, Ryan. 2016. “Analisis Performansi Wireless Access Point Tipe B, G, dan N sebagai Media Transmisi Video Streaming”. (Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Teknik Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe).

Ammar, F., & Hanafi, H. (2016). ANALISIS TRANSFER RATE WIRELESS LOCAL AREA NETWORK DENGAN STANDAR IEEE 802.11 A DAN IEEE 802.11 G PADA KANAL LINE OF SIGHT. Jurnal ECOTIPE, 3(1), 31-39.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v16i1.1465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
P-ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.