Perancangan Sistem Buka Tutup Atap Stadion Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATMEGA 328P

Lisa Fitriani Ishak

Abstract


Sistem pembukaan atap saat ini masih menggunakan sistem manual, sehingga kurang efisien, dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang dibuatlah alat otomatisasi untuk mempermudah buka tutup atap stadion.  Perancangan sistem buka tutup atap stadion otomatis bekerja berdasarkan sinyal input sensor LDR (Light dependentt resistor) dan sensor hujan (rain)  yang terpasang di sekitar atap stadion. Saat sensor LDR membaca cahaya gelap selama 13 detik maka motor akan aktif untuk menutup atap stadion selama 13 detik dan lampu secara otomatis akan menyalakan untuk menerangi ruangan stadion.kemudian saat sensor LDR membaca cahaya terang  maka motor akan aktif untuk membuka atap stadion selama 13 detik dan lampu akan mati. Pada saat sensor hujan menerima tetesan air dengan nilai kurang dari 300 RH (Relative Humidity) yang terbaca pada LCD maka motor akan aktif menutup atap stadion selama 13 detik dan lampu secara otomatis akan menyala. Dan ketika sensor hujan menerima tetesan air dengan nilai lebih dari 300 RH (Relative Humidity) yeng terbaca pada LCD maka secara otomatis motor akan aktif membuka atap stadion selama 13 detik. Mikrokontroler Atmega328p berfungsi sebagai pengendali mekanisme putaran motor yang digunakan untuk membuka atau menutup atap stadion. Pada saat mikrokontroler menerima input dari sensor LDR dan sensor hujan maka mikrokontroler memproses dan mengirim data ke driver motor untuk membuka atau menutup atap stadion. Motor berhenti pada delay 13 detik.

Kata-kata kunci: LDR, sensor hujan dan Mikrokontroler Atmega328p


References


Abdul Kadir, (2013). Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikroontroler dan Pemogramannya Menggunakan Arduino. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Abdul Kodir. (2014). Buku Pintar Pemrograman Arduino. Yogyakarta: MediaKom.

Abdul Kadir (2015). From Zero To A Pro Arduino. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Abdul Kadir (2018). Arduino & Sensor. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Arduino Product. 10 July 2017. http://www.arduino.cc/en/Main/Arduino Board Uno.

Mochamad Fajar Wicaksono dan Hidayat. (2017). Mudah Beajar Mikrokontroler Arduino, Bandung:informatika. Bandung: BI.Obses.

Fadlulluloh Fakhma Munir. (2017). Manajemen Perencanaan Stadion Mandala Krida Sarana Prasarana Olahraga Pendidikan, Prestasi, Rekreasi.

Novianty Lubis Tony. (2012). Komponen Elektronika.

Elektronika Dasar – Limit Switch Dan Saklar Push ON - Selasa, 10 Juli 2012 – http://elektronika-dasar.web.id/limit-switch-dan-saklar-push-on/

Syahwil, Muhammad. 2013. Panduan Mudah Simulasi dan Praktek Mikrokontroler Arduino. Andi.

P. Rahmiati, G. Firdaus, and N. Fathorrahman, “Implementasi Sistem Bluetooth menggunakan Android dan Arduino untuk Kendali Peralatan Elektronik,” J. ELKOMIKA Inst. Teknol. Nas. Bandung, Vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2014

Yuwono Marta Dinata. (2014). Arduino Itu Pintar. Jakarta: Kompas Gramedia.

www.motorstepper.com Motor Stepper Nema 17

https://www.pololu.com/category/87/stepper-motors.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v16i2.1456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
P-ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.