Studi Pengaruh Ketidakseimbangan Beban terhadap Transformator Distribusi Ma 01 pada Penyulang Lw 6 Gardu Induk Bayu

Muhammad Nazar Pahlawan, Maimun Maimun, Zamzami Zamzami

Abstract


Transformator adalah suatu alat listrik yang dapat memindahkan dan mengubah energi listrik dari satu atau lebih rangkaian listrik ke rangkaian listrik yang lain, melalui suatu gandengan magnet dan berdasarkan prinsip induksi-elektromagnet. Pada transformator daya sering terjadi ketidakseimbangan beban antara phasa R, S dan T. Hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya arus pada titik netral. Arus yang terdapat pada netral ini akan menyebabkan terjadinya rugi-rugi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya ketidakseimbangan beban pada transformator distribusi MA 01 dan untuk mengetahui besarnya rugi-rugi akibat adanya arus netral pada penghantar netral transformator. Hasil yang diperoleh bahwa persentase ketidakseimbangan beban dan pengukurannya sama yaitu sebesar 5%. Banyaknya rugi-rugi akibat arus yang mengalir pada penghantar netral trafo berdasarkan perhitungan dengan nilai sebesar 11,38% atau 9,108 kW.

Kata-kata kunci: ketidakseimbangan, transformator, distribusi, rugi-rugi, arus.


References


Edy julianto. 2007. Melakukan studi pengaruh ketidakseimbangan pembebanan transformator distribusi 20 KV PT.PLN (PERSERO) Cabang Pontianak.

Hariansyah, Muhammad. 2005. melakukan setudi kasus dengan judul teknik pemeliharaan tranformator distribusi pada gardu tiang portal.

Idris, Kamal. 1983. Analisa Sistem Tenaga Listrik Edisi Keempat. Jakarta Erlangga.

Muhamad Rifqi, Karnoto. 2010. Operasi Dan Pemeliharaan Jaringan Distribusi Tegangan Menengah 20 Kv. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang.

Nasrul Harum. 2013. Transformer Recondition in order to overcome Reduction of Insulation Performancein Distribution Transformer 20 kV. Politeknik Negeri Padang.

Setiadji. 2006. Melakukan studi pengaruh ketidakseimbangan beban terhadap arus netral dan losses pada trafo distribusi. Jurusan Teknik Elektro, Universitas Kristen Petra.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v16i2.1314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
P-ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.