Sistem Monitoring dan Pengontrolan Tingkat Kebisingan Ruangan Laboratorium

Syamsul Syamsul, Sri Yeni Widianti

Abstract


Sebuah ruang laboratorium yang nyaman dapat meningkatkan kualitas dari proses belajar dan mengajar di ruang tersebut. Konsentrasi belajar mahasiswa sangat kuat dipengaruhi oleh bermacam-macam parameter, seperti suhu ruangan, level noise, pencahayaan, dan lain-lain. Sistem penekanan noise belum diterapkan di ruang ini. Pemonitor level noise dalam ruang dibutuhkan untuk memonitor level-level noise yang terjadi di dalam ruang. Sistem pemonitor level noise dalam ruang dibuat dengan mikrokontroler ATMega8535 yang dipilih karena kemudahan pemrosesannya. Pada studi ini, realisasi dari perangkat menghasilkan sebuah sistem pemonitor level noise yang ditampilkan pada peraga dot matrix yang dapat dimonitor dari keseluruhan ruang laboratorium. Hasil pengukuran adalah rata-rata level noise dalam ruang. Sistem dapat menampilkan nilai dari ±45 sampai ±76 dBA. Sebuah peringatan noise akan tampil dalam bentuk teks jika level noise melebihi 56 dB.

Kata Kunci: level noise, monitoring, mikrokontroler ATMega8535.


Full Text:

PDF

References


Metawati, N., Busono, T., & Siswoyo, S. 2017. Evaluasi Pemenuhan Standar Tingkat Kebisingan Kelas di SMPN 23 Bandung. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2).

Syamsul, S., Batubara, H., & Suherman, S. 2017. Perancangan dan Pembuatan Modul Praktikum Berbasis Mikrokontroler Untuk Meningkatkan Fungsi Laboratorium Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMTA). Jurnal Litek: Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika, 13(2).

Hisam, A. 2009. Perancangan dan Pembuatan Alat Pendeteksi Tingkat Kebisingan Bunyi Berbasis Mikrokontroler. Tugas Akhir, ITS, Surabaya.

Feidihal, F. 2012. Tingkat Kebisingan dan Pengaruhnya Terhadap Mahasiswa Di Bengkel Teknik Mesin Poiteknik Negeri Padang. Jurnal Teknik Mesin, 4(1), 31-41.

Mulyana, A., & Nurdin, S. S. 2012. Perancangan Alat Uji Kebisingan Knalpot Sepeda Motor Berbasis Mikrokontroler PIC16F877A. KOMPUTIKA-Jurnal Sistem Komputer UNIKOM, 1(2).

Paul, M. A. (1996). Prinsip–Prinsip Elektronika. Edisi ketiga Jilid 2. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Millman, H., & Halkias, C. C. (1993). Elektronika Terpadu. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Syamsul, S., & Widianti, S. Y. (2017). Aplikasi Mikrokontroler AVR ATMega8535 dan Sensor Ultrasonic SRF04 pada Sistem Peringatan Dini Banjir Berbasis SMS. Jurnal Litek: Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika, 13(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v14i1.1238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
P-ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.