Perancangan Sistem Gantry Crane dengan Wireless Control Berbasis Arduino

Lisa Fitriani Ishak, Tohir Aminuddin

Abstract


Gantry crane adalah sebuah mesin yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan suatu barang yang banyak digunakan di dunia industri. Sistem kontrol gantry crane pada umumnya masih menggunakan kabel kontrol yang terhubung dengan kotak panel kontrol yang menempel pada badan crane, kondisi tersebut kurang efektif karena pergerakan operator crane menjadi terbatas pada posisi tertentu dan berbahaya karena operator harus berjalan berdekatan mengikuti kemana arah beban akan diangkat dan dipindahkan. Selain itu penggunaan kabel kontrol pada sistem kendali crane rentan terjadi kerusakan yang disebabkan mobilitas kabel kontrol yang tinggi dan sering terjadi tarikan pada saat operator menyesuaikan posisi beban kemana akan diangkat dan dipindahkan. Berdasarkan beberapa keterbatasan ini, penulis mecoba mengembangkan sistem kontrol crane yang tadinya menggunakan kabel menjadi sistem kontrol tanpa kabel (wireless). Metode yang digunakan dalam perancangan sistem ini adalah dengan menggunakan kit mikrokontroler Arduino Nano, sedangkan untuk komunikasi wireless pada sistem yaitu menggunakan wireless module NRF24L01. Perancangan sistem kontrol menggunakan wireless berhasil di implementasikan dalam bentuk prototype gantry crane, dimana protototype tersebut dapat dikendalikan tanpa kabel dengan jarak kendali terjauh yaitu 80 meter. Pada penerapan sebenarnya diharapkan mampu memperluas ruang gerak operator sehingga operator menjadi lebih aman dan juga meminimalisir terjadinya kerusakan pada mesin dan barang yang diangkut.

Kata kunci: Gantry Crane, Wireless, Prototype, Arduino.


Full Text:

PDF

References


Dermawan, Rakhmad, (2014). Perancangan Overhead Travelling Crane Kapasitas 5 Ton, Skripsi, Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

DIY: Relay Switch Motor Controller - Arduino, http:/www.instructables.com/id/DIY-Relay-switchmotor-controller-Arduino/

Fajriansyah, Burhan, (2016). Evaluasi Karakteristik XBee Pro dan NRF24L01+ sebagai Transceiver Nirkabel, Jurnal ELKOMIKA Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Bandung, Vol.4, No.1 Hal 83-97

Fernanda, Imam, (2014). Perancangan Kontrol Crane Hoist Dengan Wireless Berbasis Arduino, Skripsi, Teknik Elektro, Universitas Mercu Buana, Jakarta.

Rahim, Abid, (2016). Design and Implementation of a Low Cost Wireless Sensor Network using Arduino and NRF24L01(+), International Journal of Scientific Research Engineering & Technology, Volume 5, Issue 5, May 2016, pp 307-309.

Setiawan, Sulhan (2004). Mudah dan Menyenangkan Belajar Mikrokontroler. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Syahwil, Muhammad, 2013. Panduan Mudah Simulasi dan Praktik Mikrokontroler Arduino. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wireless Remote Using 2.4 Ghz NRF24L01: Simple Tutorial Using of NRF24L01 & Arduino, http://www.instructables.com/id/ WirelessRemote-Using-24-Ghz-NRF24L01-Simple-Tutor/




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v15i1.1109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika



    

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
P-ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.