Aplikasi Deteksi Kualitas Biji Kopi Menggunakan Metode Histogram Equalization Berbasis Android

Sigit Wahyudi, Mursyidah Mursyidah, Attariq Attariq

Sari


Abstrak - Kualitas biji kopi merupakan suatu factor yang berperan penting dalam dunia perdagangan semakin baik

kualitas biji kopi maka semakin tinggi jumlah permintaan yang akan di perdagangkan. Pada umumnya penentuan kualitas biji kopi pada kalangan masyarakat masih menggunakan cara manual yang umumnya hanya melihat dengan kasat mata tentunya dengan menggunakan metode ini  tidak efesien karna membutuhkan penglihatan yang cermat untuk mendapatkan kualitas biji kopi yang baik dengan perkembangan teknologi smardpone saat ini sangat cocok jika deteksi  kualitas biji kopi dilakukan dengan menggunakan perangkat smartphone android dengan metode histogram equalization, data penelitian yang diperoleh mampu menonjolkan area tertentu dari citra digital sehingga aplikasi dapat mendeteksi kualitas biji kopi secara efisien dan praktis dengan waktu relatif lebih singkat dan dapat di gunakan masyarakat luas dengan keakuratan deteksi kualitas biji kopi berkisar antara 60-70 %.

Kata Kunci : Biji Kopi, samrdphone, histogram equalization.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, N., & Hadinegoro, A. (2012). Metode Histogram Equalization untuk Perbaikan Citra Digital. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012), 439–445.

Kurniawan, W. M., & Hastuti, K. (2017). Penentuan Kualitas Biji Kopi Arabika Dengan Menggunakan Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus Pada Perkebunan Kopi Lereng Gunung Kelir Jambu Semarang). Jurnal Simetris, 8(2), 519–528.

Muharom, A., Cahyana, R., & Bunyamin, H. (2013). Pengembangan Aplikasi Sunda Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Application

Development. Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 10(1), 1–11..

Permadi, Y., & Murinto, . (2015). Aplikasi Pengolahan Citra untuk Identifikasi Kematangan Mentimun Berdasarkan Tekstur Kulit Buah Menggunakan Metode Ekstraksi Ciri Statistik. Jurnal Informatika, 9(1), 1028–1038.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724