Rancang Bangun Aplikasi Simulasi Tari Saman Menggunakan Sensor Gerak Motion Capture

Muhammad Agung, Muhammad Nasir, Husaini Husaini

Sari


Abstrak—  Pengembangan aplikasi simulasi tari Saman asal aceh ini dilatar belakangi oleh semakin menurunnya minat dan pengetahuan remaja mengenai kesenian tradisional seperti tari. Dengan bertujuan untuk mengembangkan Aplikasi simulasi tari Saman menggunakan sensor gerak dengan bantuan alat Kinect. Metode pengujiannya ialah dengan menganaslisa karakter yang telah dibuat dan diaplikasikan kedalam aplikasi Unity dan dihubungkan menggunakan Kinect agar karakter dapat digerakakan, adapun pengugujiannya antara lain adalah pengujian jarak, gesture dan sensitifitas cahaya serta gerakan Tari Saman itu sendiri. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi simulasi tari khas Aceh yang dibuat menggunakan teknologi sensor gerak. Dari pengujian simulasi tersebut dapat diketahui keakuratan piksel yang ada pada tiap-tiap frame yang ada dalam setiap gerakan animasi karakter tari saman yang telah dibuat.

Kata kunci : Kinect, Motion capture, Tari Saman


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ari Zanupratama (2015) “Rancang bangun aplikasi pembelajaran tarian tradisional menggunakan kinect.” Jurnal Aplikasi Pembelajaran Vol 2, 1, Online jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/53/52 Diakses 20 November 2017.

Harry Yanuar (2016) “Rancang bangun aplikasi edukatif ekosistem laut dengan menggunakan Kinect” Jurnal Aplikasi Pembelajaran Vol 2.

Hoky Ajicahyadi (2014) Aplikasi penilaian posisi karate menggunakan sensor Kinect. Jurnal Jurusan Sistem Informasi Komputer, 3.

Muhammad fuad (2013) Estimasi jarak menggunakan sensor Kinect. Jurnal Ilmiah Mikrotek Universitas Trunojoyo Madura.

Nugrahani Rahina (2017) Pengembangan Game Simulasi Tari Kreasi Khas Semarangan dengan Memanfaatkan Sensor Gerak (Motion Capture). Jurnal Imajinasi Vol XI, 1.

Sunarso, Inung Wijayanto (2017) Identifikasi Pergerakan Dasar Pada Game untuk Pengembangan Gesture Recognition berbasis Kinect.

Jurnal e-Proceed Of Engineering, Telkom Univerity.

Tri Utamai Ramadhayanti (2011) Estimasi jarak menggunakan sensor Kinect. Jurnal Tingkat Sarjana dan Senirupa Desain, ITB.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724