Teknik Motion Capture Dalam Proses Pergerakan Karakter Manusia Menggunakan Kinect

Lisa Sri Utami, *Muhammad Nasir, Anwar Anwar

Sari


Abstrak— Motion capture merupakan suatu proses penangkapan gerakan yang ada di lingkungan ke dalam computer motion capture. Motion capture sudah menjadi teknik paling efektif untuk pembuatan animasi guna mempermudah dan mempercepat gerak karakter yang memiliki bentuk seperti manusia perangkat input untuk mendeteksi gerakan yang diproduksi oleh Microsoft untuk Video Game XBOX 360 dan PC adalah kinect. Penelitian ini bertujuan mengetahui jarak ideal untuk medeteksi objek manusia dengan sensor kinect dan jarak ideal untuk menangkap objek manusia menjadi skeleton. Metode  yang digunakan pada penelitian ini dengan cara memanfaatn teknik skeleton tracking pada objek manusia. Berdasarkan analisa ini menunjukkan bahwa jarak yang  ideal antara manusia dengan sensor kinect dan jarak ideal untuk menangkap objek menjadi skeleton adalah 1,5 sampai dengan 2 meter.

Kata kunci :Kinect, Motion Capture. Skeleton Tracking.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajicahyadi, Hoky, dkk. (2014) “Aplikasi Penilaian Posisi Karate Menggunakan Sensor Kinect”. Jurnal Sistem Informasi, Vol. 3, No. 1, ISSN : 2338-137x.

Budiman, Rendi. dkk. (2012) “Integrasi Kinect dan Unreal Development Kit Menggunakan Kerangka Kerja OpenNI Pada Studi Kasus Game Berbasis Interaksi Gerakan”. Jurnal Teknik ITS, Vol. 1, No. 1, ISSN : 2301-9271.

Fathoni, kholid, dkk. (2015). “Sistem Pembelajaran Berlalu Lintas Menggunakan Teknologi Kinect”. Jurnal Link, Vol. 22, No. 1, ISSN : 1858-4667.

Guerra-Filho G, (2005). “Optical Motion Capture: Theory Andimplementation”. Journal Oftheoretical And Applied Informatics, Vol. 12, No. 2, Pp. 61-89.

Putra Feby Adi, dkk. (2013). “Analisis Usabilitas Pada Permainan The Zoo Berbasis Kinect”. Jurnal Tekologi da Sistem Komputer, Vol. 1, No. 4, ISSN : 2338-0403.

Prasetyono E., Eko Mulyanto Yuniarno, dkk, 2009. “Penangkapan Gerak Manusia 3D Berdasar Pada Penanda Aktif dengan Kamera Murah,” (Tugas Akhir ITS).

Sagirani, Tri (2015). “Pemanfaatan Kinect Dalam Prototype Aplikasi Media Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus”. Jatisi, Vol. 2, No. 1, ISSN : 2407-4322.

Sukoco. (2011) “Teknologi Motion Capture Untuk Pembuatan Film Animasi 3D”. (Online) http://ejournal.unsa.ac.id/index.php/ijcss/issue/view/8.

Diakses pada tanggal 11 Oktober 2012.

Wanangsyah, Wira, dkk. (2014) “Aplikasi Virtual Punch Training Menggunakan Microsoft Xbox Kinect”. Jurnal Sistem Informasi, Vol. 3, No. 1, ISSN : 2338-137x.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724