Perancangan Akses Control Pintu Gerbang Otomatis Berbasis Mikrocontroller Arduino Berbasis Via Bluetooth

Ainun marziah, Musyidah Musyidah, Anwar Anwar

Sari


Abstrak   -  Seiring perkembangan teknologi, setiap orang dapat melakukan sesuatu pekerjaan tanpa harus bertindak secara langsung. Berkat perkembangan teknologi dapat diatasi dengan membangun aplikasi perancangan pintu gerbang yang digunakan hanya berfungsi untuk dibuka dan ditutup secara manual dengan bantuan pengguna, dengan adanya perkembangan teknologi pintu gerbang dapat dilakukan dengan aplikasi Perancangan prototype untuk perangkat sistem pengendalian pintu gerbang berbasis arduino menggunakan sistem operasi android untuk penerapan sistem pintu gerbang otomatis yang dapat dikendalikan dari jarak jauh mrnggunakan mikrokontroler sebagai sistem pengendalian pusat dengan jaringan bluetooth via aplikasi android yang dapat diakses dengan jarak 10 meter waktu respon maksimum 3 detik di ruang terbuka. data didapatkan dengan pengujian koneksi bluetooth untuk mengetahui jarak transmisi antara bluetooth HC-05 yang diintegrasi dengan board arduino uno, sehingga menghasilkan pengujian limit switch yang terdapat kontak jenis NO  dan  NC  yang   menampilkan keakuratan pintu gerbang terbuka dan tertutup setelah eksekusi pintu gerbang otomatis.

Kata Kunci : Arduino, Pintu Gerbang, Bluetooth Dan Android


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ai Fitri Silvia, E. H. 2014(Maret). “Rancang Bangun Akses Kontrol Pintu Gerbang Berbasis Arduino Dan Android”. Jurnal Upi.edu Issn 1412 – 3762.

Wilfrid Sahputra Girsang, F. R.2014(Mei). “Perancangan Dan Implementasi Pengendali Pintu Pagar Otomatis Berbasis Arduino”. Singuda Ensikom Vol. 7 No. 2.

Syofian, A. 2014 (Mei). “Pengendalian Pintu Pagar Geser Menggunakan Aplikasi Smartphone Android Dan Mikrokontroler Arduino Melalui Bluetooth”. Jte- Itp Issn No.2252-3472


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724