Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Penawaran Desain Interior Berbasis Android

Rahmat Idhami, Amri Amri, Aswandi Aswandi

Sari


Pemanfaatan teknologi augmented reality semakin pesat seperti mobile android, Teknologi ini dapat dimanfaatkan sebagai sebagai media penawaran yang interaktif khususnya penawaran Desain Interior. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jarak dan sudut serta mengetahui perbedaan sistem aplikasi pada setiap aplikasi, Kemudian aplikasi ini akan melacak dan mendeteksi marker (penanda) dengan menggunakan system tracking, setelah marker dideteksi, model objek 3D muncul diatas marker seolah-olah model tersebut nyata. Untuk model 3D ini, model harus dibuat terlebih dahulu dengan menggunakan perangkat lunak, Aplikasi dibuat dengan menggunakan metode markerless user defined target dan melakukan pengujian tentang pemanfaatan metode tersebut menggunakan parameter datar, bentuk objek, jarak, cahaya dan sudut kamera pada saaat tracking. Hasil dari pengujian, aplikasi ini berjalan dengan baik ketika jarak minimum yang terdeteksi yaitu 40 cm, sedangkan jarak maksimum yang terdeteksi 120 cm, dan jarak dengan sudut pandang 45 0 dan memiliki cahaya yang cukup dari proses camera yang ideal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. Rosyid, I. I. Tritoasmoro and F. Anugrahayu, "Perancangan dan Implementasi Aplikasi Desain Interior Berbasis Teknologi Augmented Reality," pp. 1-9, 2011.

H. Shuwanto:, "Interior Design in Augmented Reality Environment," pp. 1-7, 2012.

D. A. P. Putri and E. Sudharmilah, "Augmented Reality Untuk Bisnis Properti Sebagai Sarana Pemasaran Berbasis Android," pp. 1-16, 2014.

Y. Rizki, "Markerless Augmented Reality Pada Perangkat Android," pp. 1-11, 2012.

U. E. N. Rochmah and A. Rakhmadi, "Penggunaan Augmented Reality Untuk Mensimulasikan Dekorasi Ruangan Secara Real Time," Techno.COM, vol. 15, no. 4, pp. 1-8, 2016.

U. M. W. W. H. W. &. W. Hardyanto:, "Pengembangan Media Edukatif Berbasis Augmented Reality untuk Desain Interior dan Eksterio," Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology , vol. 6, no. 2, pp. 1-10, 2017.

I. F. Noor, H. Tolle and W. S. Wardhono, "Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Pemilihan Sepatu Berdasarkan Ukuran Kaki Pengguna," Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer , vol. 2, no. 4, pp. 1-8, 2018.

U. E. N. Rochmah and A. Rakhmadi, "Penggunaan Augmented Reality Untuk Mensimulasikan Dekorasi Ruangan Secara Real Time," Techno, vol. 15, no. 4, pp. 1-8, 2016.

A. E. Purwidiatmaka and S. M. P. Mochamad Hariadi, "Augmented Reality Gedung Menggunakan Navigasi Marker Dengan Estimasi Jarak," pp. 1-6, 2016.

M. S. A. Megasari, "Pengaruh Elemen-Elemen Desain Interior Terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan Stie Perbanas Surabaya," pp. 1-7, 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724