Sistem E-Katalog Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Lhokseumawe (Studi Kasus Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Lhokseumawe)

Dirratu Rahmani, Mahdi Mahdi, Salahuddin Salahuddin

Sari


Sistem E-katalog Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Lhokseumawe adalah sebuah sistem elektronik yang memuat informasi seputar katalog pada BPJS Ketenagakerjaan. Masalah yang dihadapi sehingga diperlukan sistem E-katalog ini adalah proses pencarian berkas yang masih manual, yang akan berdampak banyaknya waktu dalam mencari berkas saat ingin digunakan, khususnya data di bidang keuangan terbagi menjadi 2 data diantaranya adalah voucer jaminan dan voucer umum. Setiap hari ada beberapa kasus jaminan hari tua, jaminan pensiun, jaminan kematian, jaminan kecelakaan di BPJS, maka penata kearsipan harus mencari kardus yang berisi berkas berkas di gedung arsip untuk memproses pelayanan kepada peserta BPJS. Dengan dikembangkan sistem ini maka akan memudahkan dalam mencari berkas data voucer jaminan dan voucer umum ketika dibutuhkan. Selain itu, penata arsip tidak perlu menyediakan waktu yang lama saat mencari berkas. Sistem ini dibangun menggunakan Bahasa pemograman HTML, CSS, PHP. Database yang digunakan adalah MySQL.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barthos, Basir. 2003. Manajemen Kearsipan. Jakarta: Bumi Aksara

Bukhari, Muslim. 2019. Data Arsip BPJS Ketenagakerjaan Cabang Lhokseumawe.

Endianingsih, Dian. 2015. Peran e-Catalogue Dalam Proses Pengadaan Elektronik. Jurnal kalibrasi. Vol. 13, No.1. Halim, Relung. 2013. Pembuatan E-katalog dan E-lelang pada System Android. Jurnal ilmiah mahasiswa universitas Surabaya. Vol. 2, No. 1

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi

Linda, Deppi. 2016. Merancang e-katalog Berbasis Website sebagai Media Informasi pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentansi Daerah (BPAD) Lampung. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika. Vol. 6, No.

Mulyono, Sularso dkk. 2011. Manajemen Kearsipan. Semarang: Unnes Press

Rosi, Egia & Safina, Nabila. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Investaris BPJS Ketenagakerjaan Cab. Pekalongan. Jurnal Sains dan Teknologi. Vol. 6, No.1.

Novita, Rice & Zahri, Herman. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Katalog Kerja Praktek dan Tugas Akhir Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. Vol. 4, No.2.

Sahara, Fitriani & Andriana, Rena. 2016. Aplikasi E-Katalog Perpustakaan Berbasis Mobile Android. Jurnal Ilmiah Informatika Global. Vol.7, No.1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724