Pembuatan Film Animasi 3 Dimensi Tokoh Pahlawan Aceh Teuku Umar

Muhammad Rizki Saputra, Mursyidah Mursyidah, Husaini Husaini

Sari


Abstrak— Film animasi merupakan tontonan yang sangat disukai oleh anak – anak. Tayangan yang disajikan dalam bentuk animasi bermacam-macam, mulai dari hiburan sampai dengan penyajian yang berupa ilmu pengetahuan. Saat ini animasi yang menjadi tontonan terutama anak-anak banyak yang diimpor dari luar. Sementara di Aceh banyak potensi yang dapat dijadikan animasi, salah satu contoh tentang pahlawan Aceh Teuku Umar. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah animasi 3D tentang pahlawan Aceh Teuku Umar serta mendapatkan gambaran tentang penilaian responden terhadap animasi yang dimaksud. Data yang tersebut dianalisis dengan cara menghitung persentase. Hasilnya menunjukkan  48% responden menjawab setuju dan  32.33% responden sangat setuju. Dengan demikian dapat disimpulkan animasi ini layak diimplementasikan.

Kata kunciAnimasi, Blender, Teuku Umar, 3D movie.

                             


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adriyanto, Bambang. 2010. “Pembuatan Animasi Dengan Macromedia Flash 8”. (Penelitian Mahasiswa Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional).

Bayu Pamungkas, Octavian. 2011. “Pembuatan Animasi 2D dengan Teknik Rotoscoping”. (Tugas Akhir Mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Universitas Yogyakarta).

Budi Setiawan, Handaru. 2012. “Pembuatan Film Animasi 3D “AIR” Menggunakan Blender 2.5”. (Tugas Akhir Mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Amikom Yogyakarta).

Cahyadi, Dian. 2008. “Gambar Animasi dan Film Animasi”, (Online) http://blog.unm.ac.id/diancahyadi/layanan-mk-2/mk-animasi-i/gambar-animasi-dan-film-animasi/. Diakses 15 Novemver 2016.

Hayatul, Fitriani. 2015. “Pembuatan Film Animasi 3D Raja Jeumpa”. (Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Multimedia dan Jaringan Politeknik Negeri Lhoseumawe).

Muamar Saleh, Ahmad. 2013. “Pembuatan Film Animasi 3D Tiga Kurcaci Penjaga Hutan Menggunakan Software Blender”. (Tugas Akhir Mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Universitas Amikom Yogyakarta).

Muhammad, Reza. 2014. “Pembuatan Animasi Cut Nyak Dhien Berbasis 3D”. (Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Multimedia dan Jaringan Politeknik Negeri Lhokseumawe).

Nain, Ida. 2007. “Animasi Pertama dan Penciptanya“, (Online) https://www.academia.edu/5524805/Sejarah_awal_animasi?auto=download. Diakses 18 November 2016

Sudrajad, Edy. 2013. “Perancangan Film Kartun 2 Dimensi Pak Tua Yang Selalu Ragu”. (Tugas Akhir Mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Universitas Yogyakarta).

Susianti, Elva. 2011. “Pengembangan Motion Capture System Menggunakan Kamera Low Cost”. (Penelitian Mahasiswa Teknik Elektro Institut Teknologi Surabaya).

Syahfitri, Yunita. 2011. “Teknik Film Animasi Dalam Dunia Komputer”. (Online) https://lppm.trigunadharma.ac.id/public/fileJurnal/hpqo5-Jurnal-YUN-animasi.pdf. Diakses 20 November 2016.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724