Perancangan Sistem Rekam Medis Rumah Sakit Menggunakan RFID Berbasis Internet Of Things

Diva Mazeda, Muhammad Nasir, Anwar Anwar

Sari


Penerapan aplikasi teknologi RFID (Radio Frecuency Identification) di rumah sakit Indonesia relative baru dibandingkan dengan sektor lainnya seperti instansi manufaktur, retail, perpustakaan, logistic, pendidikan dan pemerintah. Banyak para akademisi dan praktisi dibidang teknologi yang meyakini bahwa teknologi RFID memiliki potensi yang sangat besar untuk memberikan manfaat bagi rumah sakit yang ada di negara berkembang seperti Indonesia. Penerapan perangkat rekam medis berbasis teknologi RFID diinstansi kesehatan diharapkan dapat mempermudah dokter dalam melakukan pelayanan kesehatan terhadap psien. Berdasarkan pentingnya peranan data rekam medis diinstansi kesehatan seperti rumah sakit maka dirancang suatu prototype perangkat rekam medis berbasis teknologi RFID menggunakan RFID reader jenis Mifare RC522 dan sebuah Tag RFID jenis Mifare S50 klasik yang terhubung ke mikrokontroller Arduino Uno sebagai pusat kontrol utama dari perangkat rekam medis berbasis teknologi RFID menggunakan pemrograman Sublime dan Xampp. Dengan menerapkan alat ini dapat kita simpulkan bahwa penggunaan waktu lebih efesien dari pada menggunakan sistem manual kartu kuning pada rumah sakit. Sehingga di jaman yang modern ini kita dapat menghasilkan perangkat yang efesien yang berfungsi untuk membantu pihak rumah sakit dalam mencari data rekam medis pasien dengan mudah dan cepat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kurniawan Dian, Analisis Sistem rekam medis Rawat Inap Dr. Kariadi Samarang. (Tugas Akhir : Telkom University). Bandung 2016.

Junaidi Apri. Internet of Things, Sejarah, Teknologi Dan Penerapannya. (Universitas Widyatama). Bandung 2014.

Loi Kim. Sistem Absensi menggunakan RFID. (Universitas Kristen Immanuel). Yogyakarta, 2018.

Mardiana. Lena. Sistem Pendeteksi Informasi Buku Yang Dibaca Di Perpustakaan Menggunakan RFID. Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer, September 2018, Vol.2 No.1, Hal 7-11.

Mustar Muhammad Yusvin. Sistem Internet of Things Berbasis Cloud Computing dalam Campus Area Network. (Universitas Gadjah Mada (UGM). Yogyakarta, 2017.

Yanti. Novi. Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Tata Letak Buku Perpustakaan Menggunakan RFID Berbasis WEB. Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer, September 2018, Vol.2 No.1, Hal 17-21.

Linda. Rancang Bangun Perangkat Rekam Medik berbasis Teknologi RFID. (Universitas Jember). Jember, 2015.

Muliansyah. Sistem Monitoring Ruangan Laboratorium Dengan Menggunakan Rfid Berbasis Raspberry Pi. Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer, September 2018, Vol.2 No.1, Hal 22-26.

Rahmawati. Penerapan RFID Dalam Proses Sirkulasi Pada Perpustakaan Politeknik Negeri Lhokseumawe. Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer, September 2017, Vol.1 No.1, Hal 6-10.

Yudhaniristo. Prototipe Alat Monitoring Radioaktif Lingkungan, Cuaca Dan Kualitas Udara Secara Online dan Periodik Berbasis Arduino. (Universitas Hidayatullah). Jakarta, 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724