Diagnosa Penyakit THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) menggunakan Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar

Mitta Permata Sari, Anita Desiani

Sari


Penyakit Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (Otolaryngology) merupakan salah satu penyakit berbahaya karena menyerang beberapa organ manusia yaitu telinga, hidung, dan tenggorokan. Seringkali penyakit THT (Telinga, Hidung, Tenggoro kan) disebabkan oleh infeksi kuman, namun banyak juga yang disebabkan oleh kelainan perkembangan sel tubuh, yang nantinya mempunyai kemungkinan untuk menjadi tumor dan kanker. Penyakit di sekitar hidung, telinga, dan tenggorokan biasanya disebabkan oleh infeksi kuman, tetapi banyak pula yang diakibatkan oleh kelainan perkembangan sel tubuh, yang kemudian menjadi tumor dan kanker. Penderita suatu penyakit biasanya membutuhkan informasi tentang penyakit berdasarkan gejala-gejala yang dialami sebelum memutuskan untuk menemui dokter atau pergi ke rumah sakit. Dalam hal ini diperlukan adanya deteksi dini melalui sistem yang dapat menerima inputan berupa gejala-gejala penyakit yang dialami oleh penderita dan selanjutnya akan memberikan diagnosa penyakit serta penjelasan mengenai penyakit tersebut. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah dengan dibangunnya sistem pakar yang dapat membantu pengguna untuk mendiagnosa penyakit THT secara praktis dan akurat. Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit THT yang dirancang dan diteliti pada penelitian ini menggunakan metode certainty factor. Metode ini dapat mengatasi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan berdasarkan gejala-gejala yang dirasakan atau diinputkan oleh user. Hasil dari uji coba terhadap salah satu pengguna sistem pakar ini menunjukkan akurasi 64.08% untuk penyakit Mastoiditis Akut, 80.16% Barotitis Media, 70.61% Sinusitis, 72.75% Abses Peritonsiler, 72.89% Deviasi Septum, dan 80% untuk penyakit Laringitis. Penerapan metode certainty factor pada sistem pakar efektif diaplikasikan pada sistem untuk mengukur kepastian dalam diagnosis sehingga dapat menjadi alternatif deteksi dini untuk menanggulangi keraguan pada jenis penyakit THT secara dini.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


H. Pratama, I. F. Astuti, and D. Cahyadi, “Sistem Pakar Berbasis Web Diagnosa Penyakit THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) Menggunakan Metode Certainty Factor,” Pros. Semin. Nas. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 1–8, 2017.

T. Rismawan and S. Hartati, “Case-Based Reasoning untuk Diagnosa Penyakit THT (Telinga Hidung dan Tenggorokan),” vol. 6, no. 2, pp. 67–78, 2012.

K. E. Setyaputri, A. Fadlil, and S. Sunardi, “Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT,” J. Tek. Elektro, vol. 10, no. 1, pp. 30–35, 2018, doi: 10.15294/jte.v10i1.14031.

A. Neptiani and G. Soepriyono, “Diagnosa Penyakit Paru-Paru dengan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor Berbasis Web Web-based Lung Disease Diagnosis using Forward Chaining and Certainty Factor Method,” vol. 21, no. 4, pp. 816–828, 2022.

S. D. Putra, D. M. Putri, and S. Defit, “Sistem Pakar Metode Backward Chaining untuk Optimalisasi Pelayanan Pemberian Informasi Obat,” vol. 01, pp. 1–7, 2023.

M. R. Infarstruktur, F. Teknik, U. Gunadarma, M. R. Infrastruktur, and F. Teknik, “Kinerja Irigasi,” Univ. Gunadarma, vol. 16, no. 2, pp. 74–81, 2022.

G. Rahmadhan, F. Zakariyya, and T. D. Puspitasari, “Sistem Pakar Identifikasi HamavDan Penyakit Pada Tumbuhan Kakao Menggunakan Metode BFS (Breadth First Search)VDanVCertainty Factor BerbasiseAndroid,” J. Teknol. Inf. dan Terap. (J-TIT, vol. 9, no. 2, pp. 2580–2291, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10/25047/jtit.v9i2.270.

K. Samosir, “Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Perancangan Aplikasi Sistem Pakar dalam Mendiagnosa Penyakit Infertilitas pada Pria Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web,” vol. 4, no. 1, pp. 24–30, 2022.

A. Y. Anjasani, S. Anraeni, and N. Kurniati, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Sinusitis Menggunakan Certainty Factor berbasis Android,” Bul. Sist. Inf. dan Teknol. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 79–86, 2021, doi: 10.33096/busiti.v1i2.828.

A. Pramudita, A. Hendri, and S. Jones, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Makanan Pada Kulit Berjerawat Menggunakan Metode Certainty Factor ( CF ) dan Weighted Product ( WP ),” vol. 10, no. 3, pp. 132–139, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jaise.v3i1.3902

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Indexing :

 

Creative Commons License
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (JAISE) licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.