Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tuberkulosis Dengan Metode Certainty

Adzra Afiifah Nabila, anita Desiani

Sari


Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini paling sering menyerang paru-paru walaupun pada sepertiga kasus menyerang organ tubuh lain dan ditularkan orang ke orang. Ini juga salah satu penyakit tertua yang diketahui menyerang manusia. Dalam hal ini, akan dilakukan pengecekan diagnosa mengenai penyakit tuberkulosis (TBC) dengan menggunakan sistem pakar supaya dapat dideteksi dini penyakit yang didiagnosa. Penelitian ini menggunakan metode certainty factor, sebuah pendekatan sistem pakar untuk membantu mendiagnosa penyakit Tuberkulosis pada otak yang digunakan dan diaplikasikan untuk mendiagnosa penyakit Tuberkulosis. Tujuan utama dari sistem pakar ialah untuk memasyarakatkan pengetahuan dan pengalaman dari para pakar melalui sebuah sistem. Penerapan metode certainty factor pada sistem pakar menghasilkan akurasi prediksi yang sesuai sehingga sistem pakar yang dirancang efektif untuk mengukur kepastian dalam diagnosis dan dapat menjadi alternatif deteksi dini terhadap beberapa jenis penyakit TBC.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. R. Fanny, N. A. Hasibuan, and E. Buulolo, “Renalis Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Penulusuran Forward Chaining,” Median Inform. Darma, vol. 1, no. 1, pp. 13–16, 2017.

K. Karimah, Z. I. Nikmah, S. K. Aditya, and E. G. Wahyuni, “Aplikasi Web Untuk Pendeteksi Penyakit Paru–Paru Menggunakan Metode Certainty Factor,” Semin. Nas. Inform. Medis, pp. 86–91, 2019.

A. D. Lestyaningrum and S. Anardani, “Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tuberkulosis (TBC) dengan Metode Forward Chaining,” DoubleClick J. Comput. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, p. 29, 2017.

M. Hiswani, “Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat,” Univ. Sumatra Utara, 2006.

N. Aini, R. Ramadiani, and H. R. Hatta, “Sistem Pakar Pendiagnosa Penyakit Tuberkulosis,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 12, no. 1, p. 56, 2017.

M. F. Ghozali and A. Eviyanti, “Sistem Pakar Diagnosa Dini Penyakit Leukimia Dengan Metode Certainty Factor,” Kinet. Game Technol. Inf. Syst. Comput. Network, Comput. Electron. Control, pp. 135–146, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jaise.v3i1.3901

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Indexing :

 

Creative Commons License
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (JAISE) licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.