Pengamanan Data Teks Pada Aplikasi Chatting Menggunakan Metode Modular Multiplication Based Block Chiper (MMB) Berbasis Android

Naria Sukma Dewi, Amri Amri, Safriadi Safriadi

Sari


Aplikasi chatting telah menjadi media komunikasi digital yang digunakan oleh setiap kalangan, mempermudah manusia dalam mengirim pesan maupun menerima pesan. Pesan-pesan yang disampaikan ada kalanya berupa pesan yang bersifat rahasia sehingga tidak semua pihak dapat melihat pesan tersebut. Namun sering terjadinya kejahatan seperti penyadapan data, pencurian informasi, dan penyalahgunaan data pribadi yang merupakan masalah yang paling ditakuti oleh para pengguna jaringan komunikasi. Maka diperlukan suatu sistem keamanan yang dapat melindungi suatu informasi untuk menyembunyikan atau mengamankan suatu pesan ke dalam bentuk pesan lain. Untuk menyelasikan permasalah tersebut terdapat sebuah pembelajaran tentang kriptografi yang dapat mengenkripsikan pesan atau teks kedalam bentuk chipertext sehingga dapat menyembunyikan pesan asli yang dikirimkan. Tujuan penelitian ini untuk melakukan pengaman data teks pada aplikasi chatting menggunakan metode Modular Multiplication- Based Block Chiper (MMB) dengan mengetahui berapa lama waktu enkripsi sebuah pesan dan untuk mengetahui panjang karakter pesan setelah dienkripsi. Dari pengujian tersebut diperoleh bahwa rata-rata waktu enkripsi dan dekripsi pesan membutuhkan waktu sebesar 1.87 detik. Untuk panjang pesan setelah dienkripsi karakter yang dihasilkan sebanyak 32 Hexadesimal atau 16 karakter chiphertext.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewandaru , Fajar. 2016 ( Februari ). “Aplikasi Keamanan Data Menggunakan Metode MMB Dan LSB”, Jurnal Informatika Polinema. 2, (2), hal. 61-65.

Rudiyanto. 2018 ( Mei ). “Implementasi Kriptografi Untuk Pengamanan Pesan Teks Pada Aplikasi Chatting Berbasis Android Dengan Metode Vigenere Cipher Pada SMK Negeri 7 ota Tangerang”, Jurnal SKANIKA ( Sistem Komputer dan Teknik Informatika ). 2,(1), hal 758-765.

Andriyanto , Heru (2018). “Data Bocor, Facebook Terancam Sanksi Berat”. https://www.beritasatu.com/fokus/data-facebook- bocor Diakses 14 Desember 2021.

Kromodimoeljo , Sentot. TEORI & APLIKASI KRIPTOGRAFI. Jil. 1, Cet. Ke-1. Jakarta: SPK IT Consulting.2009.

Situmeang, Sahat Maruli Tua. “Penyalahgunaan Data Pribadi Sebagai Bentuk Kejahatan Sempurna Dalam Perspektif Hukum Siber”, desember 2021 (online) https://fhukum.unpatti.ac.id/jurnal/sasi/article/view/394/285 Diakses 1 desember 2021

Juliadi, Prihandono, B. & Kusumastuti, N., 2013. “Kriptografi Klasik Dengan Metode Modifikasi Affine Cipher Yang Diperkuat Dengan Vigenere Cipher”. Buletin Ilmiah Mat. Stat. dan Terapannya (Bimaster), 2(2), hal.87–92.

Juliarto, Rendi (2021). “Apa itu UML? Beserta Pengertian dan Contohnya”. https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-uml/ . Diakses 14 november 2021.

Ramadhan, A. O., Tolle, H., & Fanani, L. (2018). “Pembangunan Modul Penunjang Pembelajaran di Kelas Untuk Aplikasi Brawijaya Messenger Dengan Platform Firebase”.8, 2(4), 1630–1637.

Wibowo, Dimas Catur. 2019 (Mei). “Apa itu Android? Kenapa Developer Memilih Android ?”. https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-androidkenapa- developer-memilih-android/ Diakses 18 Desember 2021.

Endah. (2020).Fungsi Android Studio. https://metodeku.com/fungsi-androidstudio/ . Diakses 22 November 2020.

Latief, Mukhlisulfatih. 2010 ( Desember). “Studi Perbandingan Enkripsi Menggunakan Algoritma IDEA Dan MMB” MEDIA ELEKTRIK. 5 (2)

Ibnu. 2022 ( Maret ). “Flutter Adalah Framework Pengembang Aplikasi”.

https://accurate.id/teknologi/flutter-adalah/ Diakses 18

Desember 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jaise.v2i2.3881

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Indexing :

 

Creative Commons License
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (JAISE) licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.