Aplikasi Penjualan Rumah Berbasis Android

Nabila Maghfirah, Indrawati Indrawati

Sari


Rumah merupakan tempat bagi keluarga untuk berlindung dan berkumpul, mempunyai rumah idaman adalah keinginan setiap orang karena rumah sudah menjadi kebutuhan primer pada saat ini. Dalam perkembangan zaman, memilih rumah haruslah sangat berhati-hati seperti melihat lokasi yang strategis, dan harga yang worth it untuk dimiliki. Menemukan rumah idaman dengan harga yang terjangkau bukanlah sesuatu yang mudah, untuk menemukan rumah sesuai dengan keinginan orang tersebut diharuskan berusaha mencari informasi penjualan rumah keberbagai tempat secara mandiri, sehingga menghabiskan waktu, biaya, dan tenaga. Berdasarkan permasalahan tersebut dibangun sistem penjualan rumah dalam bentuk aplikasi android sehingga dapat digunakan dimanapun dan kapanpun untuk menemukan rumah yang sesuai dengan keinginan, serta memudahkan orang tanpa harus mencari secara mandiri keberbagai tempat. Penelitian ini menggunakan metode pengujian black box dan pengujian beta pada antarmuka dan kelayakan system. Hasil pada pengujian black box dapat disimpulkan bahwa semua proses dalam aplikasi berhasil dijalankan 100%. Hasil pengujian beta pada antarmuka dan kelayakan sistem yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner terhadap 55 responden menghasilkan skor 196.14 yang berada pada interval 178.75 - 220 dengan kategori sangat puas, sehingga aplikasi dapat dikatakan layak untuk digunakan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. D. B. Sadewo, E. R. Widasari, and A. Muttaqin, “Perancangan Pengendali Rumah menggunakan Smartphone Android dengan Konektivitas Bluetooth,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 5, pp. 415–425, 2017.

T. F. Zuhriansyah. (2018). “Sistem Infomasi Lokasi Kos-Kosan Di Kota Lhokseumawe Bebasis Andoid Menggunakan Metode Selection Sort”

D. Tupen, W. E. Sridaryanto, “Penerapan Least Significant Bit untuk Penyisipian Penanda Pada Gambar,” J. Infomedia Tek, vol. 5, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/infomedia/article/view/1577.

S. Ulianum, “Aplikasi Reservasi Rumah Makan Berbasis Android,” Int. J. Hypertens., vol. 1, no. 1, pp. 1–171, 2020.

Y. Malau, “Automasi Picking List dan Display Outlet Berbasis Web Menggunakan Teknologi Google Maps dan GPS,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 8, no. 1, pp. 24–30, 2019, doi: 10.32736/sisfokom.v8i1.591.

I. Rinuniate, Aplikasi Qr-Code Scanner Berbasis Android Sebagai Media Informasi Profil Dosen. 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jaise.v2i2.3880

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Indexing :

 

Creative Commons License
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (JAISE) licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.