Rancang Bangun E-Tilang Pada Pelanggaran Batas Kecepatan Menggunakan Metode Subtraction

Retya Ascha Ollyany

Sari


Sistem E-Tilang pada pelanggaran batas kecepatan ini dirancang untuk mengukur kecepatan kendaraan yang melintas dijalan dan melakukan tindakan tilang secara online. Sistem ini menggunakan video untuk merekam gambar objek bergerak menggunakan metode subtraction, apabila objek memasuki lokasi yang telah ditandai maka sistem akan memberikan respon untuk mengaktifkan dan mematikan timer serta menjalankan counter, besar nilai kecepatan yang didapat adalah hasil bagi antara jarak kedua frame dengan waktu tempuh kendaraan yang melewati lokasi yang telah ditandai. Kemudian untuk mengetahui nomor kendaraan dilakukan pengolahan citra digital menggunakan API plate recognition. setiap nomor kendaraan yang berhasil terdeteksi akan melakukan pencarian pada database sehingga dapat mengetahui identitas pemilik nomor kendaraan, sistem bekerja jika objek melaju dengan kecepatan lebih dari yang ditentukan maka akan mencari identitas dari pemilik nomor kendaraan, kemudian mengirim surat tilang secara online. Jika objek melaju dibawah kecepatan yang ditentukan maka sistem tidak akan mencari identitas pelaku, hanya menyimpan tangkapan layar pada database. Dari pengujian yang dilakukan pada empat tipe jalan yaitu jalan bebas hambatan, jalan antarkota, jalan perkotaan, dan jalan pemukiman, hanya tipe jalan pemukiman yang berhasil dideteksi melakukan pelanggaran batas kecepatan dengan persentase keberhasilan senilai 0,08%. Penerapan metode subtraction yang tidak tepat menyebabkan kegagalan dalam mendeteksi objek.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bupati tabanan. (2017). Peraturan Daerah No.16 tahun 2017. KABUPATEN TABANAN.

Beritatrans.com. (2018). Korban Sepertiga Kecelakaan di Jalan Raya Akibat Melanggar Batas Kecepatan. www.Beritatrans.com.

Apriliana, L. Z. (2019). Efektivitas Penggunaan E–Tilang Terhadap Pelanggaran Lalu Lintas Di Polres Magelang. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 5(2), 1. https://doi.org/10.23887/jkh.v5i2.17595

Pamungkas, A. (2013). Metode subtraction. Https://Pemrogramanmatlab.com




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jaise.v2i2.3876

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Indexing :

 

Creative Commons License
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (JAISE) licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.