Penerapan Metode Deteksi Canny Dan Template Matching Pada Pengenalan Motif Songket Aceh

Nurul Fatani, Azhar Azhar, Musta’inul Abdi

Sari


Songket merupakan jenis kain tenun yang dikenal di seluruh Indonesia. Cara penenunan dan motif-motif songket berbeda antara daerah yang satu dengan daerah lainnya masyarakat belum banyak mengetahui informasi tentang motif-motif songket. Kain songket aceh menjadi salah satu kain khas masyarakan Aceh, Untuk pengenalan jenis kain dan motif masih dilakukan secara manual dengan penjabaran dari mulut ke mulut oleh masyarakat Aceh sendiri namun tidak ada informasi yang detail mengenai jenis kain dan arti dari motif kain tersebut. Oleh karena itu dibutuhkam sebuah Aplikasi untuk membantu masyarakat mengenal lebih lanjut jenis kain dan arti motif dari kain tersebut. Sistem dibentuk dengan menggunakan pengolahan citra menggunakan metode deteksi tepi Canny dan Tamplate Matching. Metode deteksi tepi Canny digunakan untuk mendapatkan garis tepi objek, selanjutnya Tamplate Matching digunakan untuk mengenali dan mencocokan tiap bagian dari suatu citra dengan citra acuan. Hasil akurasi sistem sebesar 96.6%, dengan jumlah data 20 uji gambar songket. Berdasarkan pengujian, sistem dapat mengenali 19 citra songket yang diuji dari 5 jenis motif kain songket aceh dengan benar. Berdasarkan pengujian whitebox dan blackbox disimpulkan sistem dapat memberikan informasi kepada pengguna juga dapat memudahkan masyarakat dalam mengenali jenis kain dan arti dari motif kain tersebut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. A. Surya, A. Fadlil, and A. Yudhana, ―Ekstraksi Ciri

Citra Batik Berdasarkan Tekstur Menggunakan Metode Gray Level Co Occurrence Matrix,‖ Pros. Annu. Res. Semin. 2016, vol. 2, no. 1, pp. 146–150, 2016.

F. Flaurensia, T. Rismawan, and R. Hidayati, ―Pengenalan Motif Batik Indonesia Menggunakan Deteksi Tepi Canny Dan Template Matching,‖ J. Coding, Sist. Komput. Untan, vol. 4, no. 2, pp. 130–140, 2016.

M. R. Kumaseh, L. Latumakulita, and N. Nainggolan, ―Segmentasi Citra Digital Ikan Menggunakan Metode Thresholding,‖ J. Ilm. Sains, vol. 13, no. 1, p. 74, 2013, doi: 10.35799/jis.13.1.2013.2057.

P. Soepomo, ―Implementasi Metode Canny Untuk Deteksi Tepi Mutu Daun Tembakau,‖ JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 2, no. 3, pp. 231–243, 2014.

A. N. Hermana and M. S. Juerman, ―Implementasi

Algoritma Canny dan Backpropagation dalam Pengenalan Pola Rumah Adat,‖ J. Itenas, pp. 1–10, 2014.

R. S. Bahri and I. Maliki, ―Perbandingan Algoritma Template Matching Dan Feature Extraction Pada Optical Character Recognition,‖ urnal Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 187–198, 2012, [Online]. Available: http://repo.pens.ac.id/1324/1/Paper_TA_MBAH.pdf

R. I. SAA Bowo, A Hidayatno, ―Analisis deteksi tepi untuk mengidentifikasi pola daun,‖ Undergrad. thesis, Diponegoro Univ., pp. 1–7, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jaise.v2i1.3872

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Indexing :

 

Creative Commons License
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (JAISE) licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.