Rancang Bangun Data Terpadu Akreditasi Berbasis Mobile Pada Politeknik Negeri Lhokseumawe

Zikri Aulia

Sari


Data akreditasi sangat dibutuhkan pada suatu lembaga pendidikan. Selama ini pihak lembaga pendidikan diharuskan untuk melakukan penginputan data secara teratur yang sesuai dengan kriteria agar nantinya didapatkan nilai yang menjadi acuan dalam pengakreditasian. Di kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe, dalam melakukan dokumentasi data masih dilakukan secara manual sehingga banyak data yang dibutuhkan hilang. Oleh karenanya dibutuhkan sebuah aplikasi berbasis mobile yang mudah digunakan untuk menginput data sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Perancangan ini dilengkapi sistem keamanan agar data yang telah disimpan ke database tidak mudah untuk dimanipulasi oleh pihak-pihak tertentu. Dalam perancangan ini digunakan sebuah framework laravel agar aplikasi tidak hanya dapat digunakan pada mobile namun juga dapat digunakan pada desktop. Untuk dapat digunakan pada mobile nantinya aplikasi web yang telah online di konfersi ke dalam aplikasi mobile. Tujuan dilakukannya perancangan ini ialah untuk menghindari adanya kehilangan data. Mengurangi penggunaan kertas secara berlebihan yang berdampak buruk pada lingkungan. Serta mempermudah dalam penginputan data. Setelah dilakukan perancangan ini diharapkan data yang dibutuhkan untuk akreditasi tidak mudah hilang. Dari penelitian yang telah dilakukan pada enkripsi dan dekripsi kriptografi menggunakan metode vigenere chiper terhadap 18 file yang terdiri dari 5 format berbeda yaitu “.docx”, “xlsx”, “pdf”, “png”, dan “jpg” , didapatkan hasil yang sesuai dengan rumus mencapai 90%. Untuk rentang waktu eksekusi enkripsi file rata-rata berkisar antara 4 sampai 6 detik. Sedangkan rentang waktu eksekusi dekripsi file rata-rata berkisar antara 1 sampai 3 detik.

Abstract

Accreditation data is needed in an educational institution. So far, educational institutions have been required to input data regularly according to the criteria so that later the value will be obtained as a reference for accreditation. At the Lhokseumawe State Polytechnic campus, data documentation is still done manually so that a lot of the data needed is lost. Therefore we need a mobile-based application that is easy to use to input data according to the specified criteria. This design is equipped with a security system so that data that has been stored in the database is not easily manipulated by certain parties. In this design, a laravel framework is used so that the application can not only be used on mobile but also on the desktop. To be used on mobile, web applications that have been online will be converted into mobile applications. The purpose of this design is to avoid data loss. Reducing the excessive use of paper which has a negative impact on the environment. And make it easier to input data. After this design is carried out, it is hoped that the data required for accreditation will not be easily lost. From the research that has been carried out on cryptographic encryption and decryption using the vigenere cipher method on 18 files consisting of 5 different formats, namely ".docx", "xlsx", "pdf", "png", and "jpg", the results were obtained accordingly. with the formula reaching 90%. The average file encryption execution time ranges from 4 to 6 seconds. Meanwhile, the average file decryption execution time ranges from 1 to 3 seconds.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fajarianto, O. (2016) “Prototype Pelayanan Akademik Terhadap Komplain Mahasiswa Berbasis Mobile,” Jurnal Lentera Ict, 3(1), hal. 54–60. Tersedia pada: https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrict/article/view/25.

Purwitasaria, D. dkk. (2016) “PDITS: Aplikasi Pangkalan Data Terpadu untuk Mendukung Integrasi Multi Sistem Informasi di Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember,” Sisfo, 06(01), hal. 65–76. doi: 10.24089/j.sisfo.2016.09.005.

Gusman, T., Sonatha, Y. dan Azmi, M. (2018) “Pengembangan Aplikasi Informasi Pencarian Sekolah Berbasis Android di Kota Padang,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 2(3), hal. 597–603. doi: 10.29207/resti.v2i3.553.

Permana, A. A. (2018) “Penerapan Kriptografi Pada Teks Pesan dengan Menggunakan Metode Vigenere Cipher Berbasis Android,” JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI SAINS DAN TEKNOLOGI, 4(3), hal. 110. doi: 10.36722/sst.v4i3.280.

Zamara, S. (2019) “Penerapan Algoritma Vegenere Cipher Dan Vernam Cipher Dalam Penggamanan File Text,” 6(3), hal. 326–332.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jaise.v1i1.2221

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Indexing :

 

Creative Commons License
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (JAISE) licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.