PELATIHAN PEMODELAN DAN ANIMASI KARAKTER 3-DIMENSI (3D) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMKN 2 LHOKSEUMAWE MENGGUNAKAN AUTODESK MAYA

Rahmad Hidayat, M Khadafi, Nanda Saputri, Mahlil Mahlil, Muhammad Reza Zulman

Sari


Pemodelan dan animasi 3-dimensi (3D) merupakan bidang multimedia yang sangat berkembang saat ini. Pada bidang perfilman, animasi 3D telah melahirkan film-film yang cukup digemari antara lain Finding Nemo, Toys Story dan lain-lain. Oleh karena itu skill dan kemampuan dalam bidang ini merupakan hal yang mutlak dimiliki oleh siswa dalam menjawab tuntutan pasar kerja. Melalui kegiatan PKM ini diharapkan siswa SMKN 2 Lhokseumawe mampu menjawab tantangan tersebut. Pada kegiatan PKM ini masing-masing siswa akan didorong untuk menguasai keterampilan dalam bidang pemodelan dan animasi 3D. Siswa akan di ajarkan berbagai macam tehnik tehnik pemodelan dan animasi.  Selain itu siswa diajarkan tahap akhir pada pemodelan dan animasi yaitu pencahayaan dan rendering yang akan mengubah karya siswa kedalam bentuk animasi ataupun gambar.  Adapun luaran dari kegiatan ini siswa akan membuat blog yang berisi berbagai macam-macam objek dan karakter yang telah dibuat selama proses pelatihan. Hal ini bertujuan untuk mensosialisasikan kemampuan siswa pada masyarakat luas. Selain itu produk luaran lainnya dari kegiatan ini yaitu film animasi pendek yang memuart berbagai karakter yang telah dibuat siswa. Film animasi ini bertemakan kegiatan poisitif sehari-hari bagi anak-anak. Film animasi ini nantinya akan disebar luaskan pada berbagai media, seperti media online dan media lainnya.  Untuk memastikan kegiatan pembelajaran pemodelan dan animasi ini terus berkembang, nantinya pada akhir kegiatan juga akan dibentuk komunitas yang dikelola oleh guru dan siswa SMKN 2 Lhokseumawe. Komunitas ini nantinya dapat menjadi media sosialisasi pemodelan dan animasi 3D bagi masyarakat umum.


Kata Kunci


pemodelan, karakter, animasi, 3-dimensi, polygon, nurbs

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


C. Zeyu, Z. Huaiqing, Z. Nianfu, Y. Tingdong, and W. Linlong, “3D Forest-tree Modeling Approach Based on Loading Segment Models,” pp. 55–59, 2021, doi: 10.1109/ITME53901.2021.00022.

C. Jing, A. M. A. X. Computer, and M. Technology, “Application of Computer 3D Modeling Technology in Ceramic Tea Set Design,” pp. 2021–2024, 2021, doi: 10.1109/ISMII52409.2021.00065.

A. Banerjee, E. Zacur, R. P. Choudhury, and V. Grau, “Automated 3D Whole-Heart Mesh Reconstruction From 2D Cine MR Slices Using Statistical Shape Model *,” pp. 1702–1706, 2022.

H. Chi, “Design and Implementation of Image Relief Based on Computer 3D Modeling,” pp. 94–98, 2022, doi: 10.1109/ICDIIME56946.2022.00028.

M. Lu, “Parametric 3D Visualization Modeling of the Human Body Based on 2D Photos,” no. Icbaie, pp. 2021–2024, 2021.

Hidayat, Rahmad. 2015. Pemodelan Karakter 3-Dimensi Menggunakan Geometri Shape Polygon dengan Tehnik Extrude Face. Jurnal Arsitekno Vol 11 No 3

Hidayat, Rahmad. 2014. Pemodelan 3-Dimensi Gedung Kampus Ilmu Komputer UGM dengan Tehnik Extrude Face Menggunakan Geometric Shape Polygon. Jurnal Energi Elektrik Vol III No 2.

Ula, Mutamimul. 2015. Realistic Texturing Pada Objek 3-dimensi Menggunakan Tehnik Texture Mapping. Jurnal Arsitekno Vol 11 No 3.

Sarris, N dan Strintzis, M. 3D Modeling and Animation : Synthesis And Analysis Techniques For The Human Body. Edisi ke-1.United States : IRM Press.

Thabrani, S dan Adjie, B. Maya 4.0 Unlimited Modeling Animasi. Edisi ke-1. Jakarta : Salemba Infotek.

Watkins, A. 2003. The Maya 4.5 Handbook. Edisi ke-1. United States : Charles River Media.

Lewis, (2002). Silicon Valley Mathematics Initiative’s Lesson Study Cycle. http://www.svmimac.org/images/LessonStudyProjectApplication0910.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v7i3.4377

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id