ANALISIS KESIAPAN PENDIDIKAN VOKASI DALAM MENYONGSONG PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus di LP3I Malang)

Choirul Anam

Sari


Pendidikan vokasi bertujuan menyiapkan peserta didik untuk dapat bekerja setelah lulus. Mereka tidak hanya dibekali dengan pengetahuan teoritis tetapi juga keterampilan praktis. Namun pelaksanaan pendidikan vokasi ini terkendala dengan adanya pandemi Covid-19. Sejak pandemi merebak awal Maret tahun 2020, pelaksanaan pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan dilaksanakan secara daring. Salah satu permasalahan pelik pembelajaran daring adalah sulitnya mencapai kompetensi keterampilan pada peserta didik pendidikan vokasi yang harus dilakukan melalui proses praktik. Permasalahan ini memicu lembaga pendidikan vokasi untuk bekerja keras dalam mempertahankan standar capaian lulusan mereka. Bagaiamanapun pandemi tidak akan berlangsung selamanya, lembaga pendidikan vokasi harus tetap berinovasi dalam menyiapkan pembelajaran tatap muka yang akan segera berlangsung setelah proses vaksinasi mencapai 70%. Berdasarkan permasalahan tersebut artikel ini berusah melakukan analisis tentang kesiapan pendidikan vokasi dalam menyongsong pembelajaran tatap muka di masa pandemi.   Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif  deskriptif dengan teknik analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga pendidikan vokasi dalam hal ini LP3I mampu melaksanakan pendidikan tatap muka di masa pandemi dengan tetap berkoordinasi dengan seluruh stakeholder dan mempertimbangkan kondisi serta mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.


Kata Kunci


Pendidikan Vokasi, Covid-19, LP3I

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


C. Zirkle, “A qualitative analysis of high school level vocational education in the United States – Three decades of positive change,” Tech. Vocat. Educ. Train., vol. 24, no. February, pp. 321–337, 2017, doi: 10.1007/978-3-319-47856-2_17.

T. Murwaningsih, “‘ Link and Macht ’ Kurikulum Pendidikan Tinggi Dengan Kebutuhan Dunia Kerja,” 2018.

P. P. Dewi, “Kesesuaian penempatan kerja yang dilakukan politeknik lp3i jakarta kampus bekasi terhadap para mahasiswa jurusan public relations,” J. Komun., vol. 1, no. 1, pp. 60–77, 2015.

E. Sugiyanto, “Pengaruh Promosi Penempatan Kerja Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Politeknik Lp3I Jakarta,” J. Lentera Bisnis, vol. 6, no. 2, p. 44, 2018, doi: 10.34127/jrlab.v6i2.187.

M. Buheji et al., “The Extent of COVID-19 Pandemic Socio-Economic Impact on Global Poverty. A Global Integrative Multidisciplinary Review,” Am. J. Econ., vol. 10, no. 4, pp. 213–224, 2020, doi: 10.5923/j.economics.20201004.02.

S. Dawadi, R. Giri, and P. Simkhada, “Impact of COVID-19 on the Education Sector in Nepal - Challenges and Coping Strategies,” no. May, 2020, doi: 10.31124/advance.12344336.

K. S. Al Jardani, “E-Learning in Higher Education ; Challenges and Opportunities,” no. November, 2020.

N. Cahyati and R. Kusumah, “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19,” J. Golden Age, vol. 4, no. 01, pp. 4–6, 2020, doi: 10.29408/jga.v4i01.2203.

Irwanto, “Pelaksanaan Pembelajaran Online (Daring) Di Program Studi Pendidikan Vokasional Teknk Elektro Untirta Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Chem. Inf. Model., vol. 3, no. 1, pp. 28–44, 2020.

R. A. Wahab, “Analisis Perkembangan Internet Broadband Di Wilayah Perbatasan Provinsi Sulawesi Utara the Analysis of the Development of Internet Broadband in Border Area of North Sulawesi Province,” J. Penelit. Pos dan Inform., vol. 6, no. 2, pp. 201–226, 2016.

B. P. Sitepu and I. Lestari, “Pelaksanaan RPS Dalam Pembelajaran,” Perpektif Ilmu Pendidik., vol. 32, no. 1, pp. 43–51, 2017.

B. A.L. Bire; Uda, Geradus; Joshua, “Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa,” J. Kependidikan, vol. 44, no. 2, 2014, doi: 10.21831/jk.v44i2.5307.

J. T. Chao, K. R. Parker, and A. Fontana, “Developing an Interactive Social Media Based Learning Environment,” Issues Informing Sci. Inf. Technol., vol. 8, pp. 323–334, 2011, doi: 10.28945/1421.

A. S. M. Leung and S. McGrath, “An Effective Learning Model to Support People Development: The Emerging Approach of The Hong Kong Institute for Vocational Education,” Int. Educ. Stud., vol. 3, no. 4, pp. 94–106, 2010, doi: 10.5539/ies.v3n4p94.

P. K. Murphy, I. A. G. Wilkinson, A. O. Soter, M. N. Hennessey, and J. F. Alexander, “Examining the Effects of Classroom Discussion on Students’ Comprehension of Text: A Meta-Analysis,” J. Educ. Psychol., vol. 101, no. 3, pp. 740–764, 2009, doi: 10.1037/a0015576.

U. Toharudin, “Critical Thinking and Problem Solving Skills: How these Skills are needed in Educational Psychology?,” Int. J. Sci. Res., vol. 6, no. 3, pp. 2004–2007, 2017, doi: 10.21275/ART20171836.

M. Azizi, Z. Sedaghat, and A. Direkvand-Moghadam, “Effect of critical thinking education on problem solving skills and self-esteem in Iranian female students,” J. Clin. Diagnostic Res., vol. 12, no. 1, pp. VC04–VC07, 2018, doi: 10.7860/JCDR/2018/27993.11128.

G. Widén, S. Nikou, F. Ahmad, B. M. Ryan, and P. Cruickshank, “Workplace information literacy: Measures and methodological challenges,” J. Inf. Lit., vol. in press, no. 2, 2021.

P. M. Yusup and E. Saepudin, “Praktik Literasi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Sepanjang Hayat (Information Literacy Practices in the Process of Lifelong Learning),” J. Kaji. Inf. dan Perpust., vol. 5, no. 1, p. 79, 2017, doi: 10.24198/jkip.v5i1.11387.

F. R. Hardy, “Herd Immunity Tantangan New Normal Era Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Kesehat. Masy., vol. 12, no. 2, p. 55, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v5i2.2313

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id