Efektivitas Pembelajaran Team Based Project untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Proposal PKM Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe
Sari
Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe yang berjumlah 481. Sampel penelitian ini berjumlah 45 mahasiswa yang dipilih berdasarkan metode Claster Sampling. Simpulan dari penelitian ini bahwa analisis data dilakukan dengan analisis statistika deskriptif dan uji inferensial. Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa di kelas eksperimen dengan hasil belajar kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji Wilcoxon, diketahui hasil belajar mahasiswa di kelas eksperimen lebih besar daripada hasil belajar mahasiswa
di kelas kontrol. Atas dasar itu, dapat dinyatakan hasil post test di kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil pre test dalam penelitian. Untuk itu, hipotesis yang diterima adalah H0, yaitu “Ada keefektivan penggunaan metode pembelajaran Team Based Project dalam
menulis proposal PKM mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe”. Dari aktivitas mahasiswa yang diobservasi diketahui bahwa metode pembelajaran berkelompok berbasis proyek atau Team Based Project sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dalman, Ketrampilan menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada,
D. Vokasi, “panduan implementasi kebijakan merdeka belajar
kampus merdeka - Penelusuran Google,” Direktorat Jenderal
Pendidikan Vokasi, 2021.
https://www.google.com/search?q=panduan+implementasi+kebijak
an+merdeka+belajar+kampus+merdeka+&ei=400BZMqDLM_A3L
P3M, “Renstra Penelitian Politeknik Negeri Lhokseumawe Periode
-2025,” Lhokseumawe, 2021.
T. Tekad and R. Pebriana, “Pengaruh Model Pembelajaran Team-
Based Project terhadap Keterampilan Komunikasi dan
Keterampilan Kolaborasi pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia,” J.
PTK dan Pendidik., vol. 7, no. 2, 2022.
R. Nasir and C. L. Maknun, “Refleksi Penilaian Kontribusi Pada
Team-Based Project Secara Daring,” Aksioma, vol. 11, no. 1, pp.
–56, 2022, doi: 10.22487/aksioma.v11i1.1905.
I. M. Zaky, “Penerapan Model Pembelajaran Team Based Project
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN
Sei Tuan TA 2022/2023,” Educ. J. Ilmu Pendidik. dan
Pengajaran, vol. 1, no. 3, pp. 347–363, 2022.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung:
Alfabeta, 2019.
A. A. Younis, R. Sunderraman, M. Metzler, and A. G. Bourgeois,
“Developing parallel programming and soft skills: A project based
learning approach,” J. Parallel Distrib. Comput., vol. 158, pp. 151–
, 2021.
A. Aranzabal, E. Epelde, and M. Artetxe, “Team formation on the
basis of Belbin’s roles to enhance students’ performance in project
based learning,” Educ. Chem. Eng., vol. 38, pp. 22–37, 2022.
P. Parrado-Martínez and S. Sánchez-Andújar, “Development of
competences in postgraduate studies of finance: A project-based
learning (PBL) case study,” Int. Rev. Econ. Educ., vol. 35, p.
, 2020.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.
.