Desain dan Implementasi Aplikasi Pemesanan DeCafe: Optimalisasi Proses Pelayanan di Cafe dan Restoran melalui Fungsi Digital

Amirullah Amirullah, Muhammad Rizka, Mulyadi Mulyadi, Reynold Herwinsyah

Sari


Di era digital yang semakin berkembang, industri kuliner terus mencari metode untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan mereka. Artikel ini menyajikan desain dan implementasi dari "Aplikasi Pemesanan DeCafe", sebuah solusi teknologi yang
dirancang untuk memodernisasi proses pelayanan di restoran, kafe, dan rumah  makan. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang disesuaikan untuk berbagai peran, termasuk pemilik/restoran, kasir, pelayan, dan dapur. Melalui serangkaian pengujian aplikasi, kami mengeksplorasi fungsionalitas dan keandalan dari masing-masing fitur. Pemilik atau admin diberi kemampuan untuk mengelola menu, harga, dan pengguna dengan mudah; kasir dapat lebih efisien dalam mengakses dan menghitung total harga pesanan serta mengonfirmasi pembayaran; pelayan  mendapat keuntungan dari navigasi menu yang intuitif dan manajemen pesanan
yang efektif; sementara dapur dapat memproses pesanan dengan lebih terstruktur dan tepat waktu. Hasil pengujian menunjukkan bahwa "Aplikasi Pemesanan DeCafe" memiliki potensi untuk meningkatkan produktivitas, meminimalisir kesalahan, dan
meningkatkan kualitas pelayanan secara keseluruhan. Dengan demikian, aplikasi ini menunjukkan prospek positif sebagai alat yang bermanfaat bagi industri makanan dan minuman yang ingin meningkatkan operasional mereka di era digital.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


W. J. Panjaitan, “Penerapan Tranformasi Digital dan Hambatannya

Pada Industri Kuliner di Indonesia,” vol. 1, no. 2, 2023.

Anisah Salsabila Nasution, Devi Nadya Hasibuan, Windi Mayani

Dalimunthe, and Purnama Ramadani Silalahi, “Peningkatan Kinerja

Industri Makanan dan Minuman Melalui Transformasi Digital di

Indonesia,” Trending J. Manaj. dan Ekon., vol. 1, no. 1, pp. 165–

, 2022, doi: 10.30640/trending.v1i1.493.

R. Maryatmo and D. V. Pamenta, “Peran Aplikasi Digital Pada

Kinerja Bisnis Kedai Kopi Skala Mikro Di Diy,” Modus, vol. 35, no.

, pp. 101–115, 2023, doi: 10.24002/modus.v35i1.6967.

R. A. D. A. Ningtyas, M. F. Iltiham, and M. Nizar, “Strategi

Pengembangan Digital Marketing dan Personal Selling Halal Food

di Kopi Telu Sawah View Pandaan Pasuruan,” Alkasb J. Islam.

Econ., vol. 1, no. 2, pp. 134–151, 2022.

A. Zahrah and A. Fawaid, “Halal Food di Era Revolusi Industri 4.0:

Prospek dan Tantangan,” Hayula Indones. J. Multidiscip. Islam.

Stud., vol. 3, no. 2, pp. 121–138, 2019, doi:

21009/hayula.003.2.01.

T. Mulyono, “Pengembangan Aplikasi Web Untuk Pemesanan

Makanan Secara Online di Cafe Roadway Coffee Jaksa Agung

Gresik,” J. Teknol. dan Terap. Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 8–12, 2021.

J. F. Rusdi, “Peran Teknologi Informasi Pada Pariwisata

Indonesia,” J. Account. Inf. Syst., vol. 2, no. 2, pp. 78–118, 2019,

doi: 10.32627/aims.v2i2.336.

W. S. Yasa et al., “Sistem Informasi Pemesanan Menu pada Café

Hitam Putih Berbasis Web dengan Metode RAD,” vol. 1, no. 1, pp.

–40, 2023.

M. Napu et al., Pengantar Bisnis Pariwisata: Perhotelan, Food and

Beverage Service, dan Pengembangan Destinasi Wisata, no. May.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.