Peningkatan Kualitas Produk Madu Pada UKM Berkah Hijrah Kota Lhokseumawe Melalui Penerapan Teknologi Han Held Induction Sealer

M Milawarni, Supri Hardi, Raisah Hayati, Ernawati Br Surbakti, Ummi Habibah

Sari


Politeknik Negeri Lhokseumawe

Mitra ini terletak di Gampong Alue Awe Kota Lhokseumawe dan berjarak 4 km dari Politeknik Negeri Lhokseumawe. Usaha ini sudah berdiri tahun 2018 sampai sekarang. Usaha ini sudah memiliki izin berupa Nomer induk Berusaha (NIB),  sertifikat halal dari MUI dan surat izin usaha mikrokecil (IUMK). Yang menjadi permasalahan mitra adalag dari segi produksi dan managemen pemasaran. Segi produksi, pada proses pengemasan madu hanya menggunakan segel biasa, sehingga jika madu dikirim jarak jauh madu sering tumpah dan menetes dari pinggiran botol. Segi managemen pemasaran, produk biasanya dijual ukuran dalam ukuran botol ½ kg (500 ml) dan 1(1000 ml) kg, sehingga pembeli tidak memiliki pilihan lain. Sehingga dari hasil diskusi Tim PKM dan mitra bersepakat untuk memberikan mesin segel alumunium (hand held induction sealer machine) dan memberikan variasi botol kemasan 100 ml dan 250 ml kepada mitra.  Adapun teknik pelaksanaan PKM ini adalah evaluasi awal, mitra diajarkan materi kelebihan penggunaan mesin sealer ini, cara mengoperasikan dan merawat mesin dan praktek penggunaan mesin dan evaluasi akhir. Hasil yang didapat dari kegiatan ini adalah mitra mengalami peningkatan pengetahuan dan kemampuan sebesar 37,09%, mitra mendapatkan 1 buah mesin hand held induction sealer dan 200 pc alumunium segel, 20 kemasan botol berukuran 100 ml dan 20 buah kemasan botol 250 ml.

Kata kunci— UKM Berkah Hijrah, Madu, Pengabdian Kepada Masyarakat, Mesin Hand Held Induction Sealer

 


Kata Kunci


UKM Berkah Hijrah, Madu, Pengabdian Kepada Masyarakat, Mesin Hand Held Induction Sealer

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


D. D. Wulandari, “Analisa Kualitas Madu (Keasaman, Kadar Air,” J. Kim. Ris., vol. 2, no. 1, p. 16, 2017.

A. Meda, C. E. Lamien, M. Romito, J. Millogo, and O. G. Nacoulma, “Determination of the total phenolic, flavonoid and proline contents in Burkina Fasan honey, as well as their radical scavenging activity,” Food Chem., vol. 91, no. 3, pp. 571–577, 2005, doi: 10.1016/j.foodchem.2004.10.006.

W. Afdillah and I. Sulaiman, “Pengaruh Kemasan Aluminium Foil dan Botol Kaca terhadap Umur Simpan Abon Ikan Tongkol ( Euthynnus affinis ) dengan Pendekatan Metode Arrhenius ( Aluminium Foil and Glass Bottle Packaging Effect for Mackerel Tuna Floss Shelf Life with Arrhenius Method Appr,” vol. 3, no. 3, pp. 185–193, 2018.

F. A. Yahya, G. Soebiyakto, and N. R. Ismail, “Pengaruh temperatur dan tekanan terhadap daya rekat aluminium foil pada bahan pengemas obat,” Conf. Innov. Appl. Sci. Technol., no. Ciastech, pp. 281–286, 2019.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.