Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penghasilan UMKM Pia Dara Kota Lhokseumawe

IC Rachman, Nursyidah Nursyidah, Hismendi Hismendi, Yetty Tri Putri, Yusmika Indah, Julia Afrianti

Sari


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. UMKM Pia Dara adalah salah satu UMKM di Kota Lhokseumawe yang bergerak di usaha produksi roti. UMKM Pia Dara masih melakukan penjualan secara tradisonal dan konvensional dengan cara dengan meletakkan barang hasil produksinya ke warung ataupun kedai-kedai serta beberapa sekolah. Penjualan yang dilakukan belum memanfaatkan penggunaan teknologi yang telah maju pesat, khususnya digital marketing. Digital marketing atau pemasaran digital adalah proses melakakukan pemasaran suatu produk dengan menggunakan teknologi informasi sehingga dapat membantu produsen memperkenalkan dan memasarkan produknya kepada konsumen dalam wilayah yang lebih luas. Media digital marketing yang tersedia saat ini sangatlah banyak, seperti Instagram, Facebook ads, YouTube, WhatsApp, Google bisnis, TikTok. Dari sekian media pemasaran digital yang dapat digunakan secara gratis maka Instagram adalah salah satu media sosial yang paling sering digunakan karena sangat mudah dalam penggunaannya. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bagi UMKM Pia Dara sebagai mitra. Pengabdian masyarakat ini bertujuan agar UMKM tersebut dapat menggunakan Digital Marketing dalam memasarkan barang produksinya. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah ceramah dan praktek langsung penggunaan Instagram sebagai media pemasaran digital kepada pemilik, seorang tenaga administrasi, dan 4 orang pekerja UMKM Pia Dara. Pelatihan dilaksanakan di kantor UMKM Pia Dara di Kota Lhokseumawe. Hasil pelatihan ini adalah anggota UMKM Pia Dara telah mampu membuat akun Instagram yang akan digunakan untuk memasarkan produknya. Diharapkan produk yang dihasilkan oleh UMKM Pia Dara semakin dikenal oleh masyarakat dan pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah produk yang terjual.


Kata Kunci


UMKM, Pemasaran Digital, Instagram.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BPS. 2022. Lhokseumawe dalam Angka.

Jannatin, Rahmatul, Wahyu, Wardhan, Haryanto Rudi, Febriyanto, Agus. 2020. Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact: Implementation and Action, Volume 2 Nomor 2, 2020

D. Purwana, R. Rahmi, dan S. Aditya, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit”, JPMM, vol. 1, no. 1, pp. 1 - 17, Mei 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.