Sistem Manajemen Persuratan Pada Desa Meunasah Panggoi Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe

Husaini Husaini, Hari Toha Hidayat, Nanang Prihatin, Mahlil Mahlil, Muhammad Khadafi

Sari


Sistem pemerintahan dan pelayanannya pada Gampong Meunasah Panggoi masih menggunakan model manual. Terutamanya dalam hal pembuatan surat – menyurat masih menggunakan cara manual dengan MS.Word yang terkadang hal tersebut dibuatkan pada rental komputer. Yang pada akhirnya pelayanan kepada masyarakat yang terkait surat – menyurat menjadi lama dan membutuhkan waktu berhari – hari. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yakni memberikan pelatihan tata cara penggunaan aplikasi dalam manajemen surat yang akan diberikan kepada masyarakat seperti pengajuan surat pengantar KTP, surat berkelakuan baik, dan surat keterangan kelahiran, memberikan pelatihan untuk pemberian dan penyimpanan nomor surat melalui aplikasi, penyimpanan surat akan diletakkan pada database dalam aplikasi persuratan. Metode yang digunakan dalam PkM yakni dengan menyebar kuisioner untuk tingkat kepuasan pengguna. Adapun hasil PkM dilaksanakan pada tanggal 3 – 4 September 2022 bertempat di kafe Leumak Mabok di Simpang Ardath Kota Lhokseumawe. Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 7 orang yang merupakan perwakilan dari aparat Desa / Gampong Meunasah Panggoi. Pada setiap kuisioner rata – rata 71,4% peserta sangat puas dan 28,6% peserta puas dengan pelatihan yang diberikan hal ini dikarenakan aplikasi e-surat ini sangat dibutuhkan oleh pihak aparat desa dalam membantu pekerjaan dalam hal manajemen surat dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Dengan adanya aplikasi ini masyarakat tidak perlu disibukkan harus menunggu dengan antrian yang panjang dan proses yang lama dalam pengajuan permohonan surat.


Kata Kunci


Surat, Gampong, Aplikasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mouw, E dan Keradjaan, H. 2019, Pengelolaan Administrasi Pemerintah Desa, Pemerintahan Desa, Jurnal UNIERA Volume 5, Nomor 2.

[2]. Rezki Kurniati, Jaroji, Agustiawan, 2018, Sistem Layanan Mandiri Di Kantor Desa Berbasis Web, Jurnal INOVTEK POLBENG – Seri Informatika, ISSN: 2527 – 9866, Vol 3 No 1, Hal 16 – 23.

. Ahmad Husein, 2020, Perancangan Sistem Informasi Manajemen Surat (SIMURAT) pada AKAKOM Stephen Jambi, Jurnal Ilmiah MEDIA SISFO, ISSN: 1978-8126 e-ISSN: 2527-7340, Vol 14 No 2, Hal 130 – 137


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.