Pelatihan Reparasi Handphone Bagi Siswa Sma Negeri 6 Lhokseumawe

Nasri Nasri, Huzaeni Huzaeni, Nawawi Juhan, Chairil Anwar

Sari


Saat ini, pembelajaran berbasis android merupakan salah satu teknologi pembelajaran yang dapat digunakan. oleh guru di sekolah menggunakan aplikasi android yang kontennya sesuai dengan mata pelajaran yang dipelajari. Tingginya pengguna smartphone di kalangan siswa untuk mengikuti pembelajaran berbasis android, tidak diikuti dengan keahlian mereka untuk mendeteksi kerusakan pada smartphone. Pemakai smartphone yang tidak peka akan gejala-gejala kerusakan, seperti  kerusakan  IC  Power, LCD, memori, keypad, speaker, bluetooth dan lain-lain akan menyebabkan  smartphone  tersebut  benar-benar mati atau rusak. Oleh  karena  itu,  kami  selaku  dosen  dan  PPPM  (Pusat Penelitian  dan  Pengabdian Masyarakat)  Politeknik Negeri Lhokseumawe   melakukan pengabdian kepada  siswa SMA Negeri 6 Lhokseumawe  ini bertujuan untuk melatih para siswa bagaimana mendeteksi kerusakan dan cara memperbaiki smartphone dengan cepat dan benar. Berdasarkan nilai yang diperoleh tingkat kemampuan peserta sebelum pelatihan mempunyai  nilai rata-rata 31.6%  yaitu dengan kategori kemampuan kurang., Setelah mengikuti pelatiahan kemampuan peserta meningkat yaitu dengan nilai rata-rata 81.6%  yaitu dengan kategori kemampuan baik


Kata Kunci


Handphone, pelatihan, kerusakan,catu daya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Destiana, "Pengaruh Teknologi Informasi Berbasis Android (Smartphone) Dalam Pendidikan Industry 4.0", Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019.

Pangkey. M, Poekoel. V, Lantang. O, "Sistem Pakar Pendeteksi Kerusakan Handphone Berbasis Android", E-Journal Teknik Informatika Volume 8, No.1, ISSN : 2301-8364, 2016.

Ismanto. E, Novalia. M, Herlandy. P.B, "Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru SMA Negeri 2 Kota Pekanbaru", Jurnal Untuk Mu Negeri Vol. 1, No.1, Mei 2017.

Widiyanto, Safitri. L "Aplikasi Sistem Pakar Pendeteksi Kerusakan Pada Smartphone Menggunakan Metode Dempster Shafer", Jurnal Ilmiah Bangkit Indonesia Vol.5 No.2, November 2016.

Kurniawan. B, Herdiana. B, "Program Ipteks Bagi Inovasi Dan Kreatifitas Kampus IT Training & Service Center", Jurnal JPP IPTEK, Vol. 1 No. 1, November 2017.

Ramadhaniah. Z, "Analisis Kualitas Pelayanan Service Handphone Dan Smartphone Pada Toko KS Ponsel Sukadana", Jurnal Produktivitas (JPRO) Prodi Manajemen FEB UM Pontianak, ISSN: 2355-1038, Vol 4, No 2, 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.