Pelatihan Pemasangan Alat Penghilang Sinyal Hp GSM Wifi (Jammer) Untuk Remaja Masjid Al-Bayyan Politeknik Negeri Lhokseumawe

Amri Amri, Muhammad Reza Zulman, Umri Erdiansyah, Nurdan Nurdan, Radhiyah Radhiyah

Sari


Perkembangan teknologi komunikasi saat ini sudah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satu teknologi yang dihasilkan adalah telepon seluler atau yang disebut dengan handphone (HP). Penggunaan handphone pada tempat yang tidak tepat dapat menimbulkan masalah ganguan terhadap orang lain, seperti pada saat rapat, ujian dan di masjid karena ada bunyi panggilan atau pesan yang tiba tiba masuk, yang seharusnya  gangguan tersebut tidak boleh terjadi. Solusinya adalah menonaktifkan secara sementara sinyal perangkat seluler tersebut. Oleh  karena  itu,  kami  selaku  dosen  dan  PPPM  (Pusat Penelitian  dan  Pengabdian Masyarakat)  Politeknik Negeri Lhokseumawe   melakukan pengabdian kepada remaja masjid dalam hal ini mereka adalah mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe. Melihat kondisi ini menjadi penting bagi Masjid Al-Bayyan memiliki alat penghilang sinyal HP GSM WiFi (Jammer) menjadi solusi  akibat sinyal handphone dapat dikurangi, sehingga ibadah jamaah lebih nyaman. Tujuan kegiatan ini melatih para remaja masjid untuk dibekali cara mengoperasikan dan menjalankan alat jammer yang pelaksanaannya oleh tim PKM Politeknik Negeri Lhokseumawe. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan menghadiri 4 dari 5 remaja masjid. Berdasarkan nilai yang diperoleh tingkat kemampuan peserta sebelum pelatihan mempunyai  nilai rata-rata 32.5%  yaitu dengan kategori kemampuan kurang., Setelah mengikuti pelatiahan kemampuan peserta meningkat yaitu dengan nilai rata-rata 83.7%  yaitu dengan kategori kemampuan baik.


Kata Kunci


handphone, masjid, Jammer , mahasiswa, pelatihan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Ratih, “Rancang Bangun Alat Pemblocking Sinyal (Jammer) Pada Sistem Telekomunikasi Jaringan Seluler Global System For Mobile (Gsm) Di Area Bebas Sinyal Gsm” Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, Vol 1, No 1, 2018.

A. Hikmatul, R. Muhammad, “Rancang Bangun Pengendali Jammer Sinyal Selular GSM Berbasis Arduino Uno”, Seminar Nasional Industri dan Teknologi Politeknik Negeri Bengkalis, Oktober 2021.

Darpono, R., dan Dewi, R, P. "Program Iqomah Dan Kendali Jammer Pada Jam Penunjuk Waktu Sholat Wajib Dan Pengacau Sinyal Di Masjid Al Musthofa Berbasis Arduino Uno”, Jurnal Power Elektronik,2019.

D. Rony, P.D. Riyani, "Program Iqomah Dan Kendali Jammer Pada “Jam Penunjuk Waktu Sholat Wajib Dan Pengacau Sinyal Di Masjid Al Musthofa Berbasis Arduino Uno",Jurnal POLEKTRO: Jurnal Power Elektronik, Vol.8, No.1, 2019.

Singh, S., Yadav, K., Singh, R., Soni, A., Matharuf, H., dan Rao, P. “Blocking Of Signal Using Signal Jammer”, International Journal Of Current Research, 9(12), 62345-62347. 2017.

Kurniawan. B, Herdiana. B, "Program Ipteks Bagi Inovasi Dan Kreatifitas Kampus IT Training & Service Center", Jurnal JPP IPTEK, Vol. 1 No. 1, November 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.