Pelatihan Pembuatan Poster Dengan Photoshop Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada SMAN 7 Lhokseumawe

Mahdi Mahdi, Rahmad Hidayat, Amirullah Amirullah, Noviwa Dwina, Abd Hakim

Sari


Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik yang benar-benar merupakan hal baru atau sesuatu ide baru yang diperoleh dengan cara menghubungkan beberapa hal yang sudah ada dan menjadikannya suatu hal baru. Selain itu, kreativitas adalah hal-hal yang membuat kita takjub dengan hal-hal baru, karena kreativitas bisa mewujudkan ide-ide cemerlang kita. Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat sehingga membuat persaingan kerja akan semakin ketat, hal ini disebabakan kurangnya kemanpuan dalam menguasi teknologi. Usaha percetakan pada masa sekarang tidak lagi menggunakan secara manual, tetapi dengan menggunakana komputer. Kegiatan ini diharapkan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Lhokseumawe mampu menjawab tantangan tersebut. Pada kegiatan masing-masing siswa akan didorong untuk menguasai keterampilan dalam bidang desain dengan menggunakan photoshop. Siswa akan di ajarkan berbagai macam tehnik tehnik pembuatan poster. Sekolah Menengah Atas Negeri SMAN) 7 Lhokseumawe memiliki 4 orang guru pria dan 27 orang guru perempuan. Dari 31 orang jumlah guru, tidak ada guru yang berlatar belakang pendidikan komputer dan hanya sedikit guru yang dapat menguasi komputer, serta memiliki 115 orang siswa pria dan 136 siswa wanita. Dari permasalahan diatas sudah saatnya siswa pada SMAN 7 Lhokseumawe untuk dilatih menggunakan teknolgi informasi untuk memberi skil dalam bidang percetakan agar lulusanya dapat bersaing di dunia kerja, terutama bagi siswa yang tiadak bisa melanjutkan pendidikan ke jenajng yang lebih tinggi. Keberhasilan penerapan ipteks terlihat peningkatan kemampuan peserta dari nilai pretest rata-rata peserta tertinggi 63,33 menjadi 82,50 pada saat posttest. Tingkat penyerapan materi pelatihan juga merata dalam pengetahuan secara teori maupun dalam praktek. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan membuat poster para siswa dapat menjadi modal untuk memulai usaha dalam bidang percetakan.


Kata Kunci


Pelatihan, photoshop, kreatifitas, siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Putra, M. S. (2007). Media Cetak Bagaimana Merancang dan Memproduksi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Hidayat, Rahmad. 2014. Pemodelan 3-Dimensi Gedung Kampus Ilmu Komputer UGM dengan Tehnik Extrude Face Menggunakan Geometric Shape Polygon. Jurnal Energi Elektrik Vol III No 2.

Ula, Mutamimul. 2015. Realistic Texturing Pada Objek 3-dimensi Menggunakan Tehnik Texture Mapping. Jurnal Arsitekno Vol 11 No 3.

Sarris, N dan Strintzis, M. 3D Modeling and Animation : Synthesis And Analysis Techniques For The Human Body. Edisi ke-1.United States : IRM Press.

Asep Effendhy, (2011), The Grand Master Of Photoshop. Jakarta : Mediakita Budi

Permana dan Kurweni, (2010), 36 Jam Belajar Komputer Adobe Photoshop CS5 Extended. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Soeherman, (2007), Membuat Karikatur dengan Photoshop. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Enterprise, Jubile. (2017). Strategi Seleksi Photoshop. Jakarta : Elex Media Komputindo

Hartoko, Alfa. (2015). Super Kilat Kuasai Photoshop dan Corel Draw. Jakarta : Elex Media Komputindo

Rohman, Abdul. (2016). Manipulasi Teks dengan Photoshop. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Putra, M. S. (2007). Media Cetak Bagaimana Merancang dan Memproduksi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Rustan, suriyanto. (2008). LAYOUT, Dasar & Penerapannya. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.