Penerapan Sistem Kontrol Berbasis IoT (Internet of Things) Pada Gedung Sekolah Muhammadiyah Lhokseumawe

Syamsul Syamsul, Bakhtiar Bakhtiar, Fakhrur Razi, Arief Mardiyanto

Sari


Sistem kontrol perlu diterapkan pada suatu gedung terutama untuk mengontrol peralatan elektrik seperti lampu, ac (air conditioning), kipas angin dan pompa air. Peralatan-peralatan elektrik ini umum digunakan pada gedung sekolah. Perlunya sistem kontrol pada gedung sekolah adalah untuk mempermudah penggunaannya, menghemat daya listrik dan meningkatkan keamanan gedung dari kelalaian pengoperasian peralatan listrik tersebut. Selama ini sistem pengoperasian peralatan elektrik dilakukan oleh orang digantikan oleh peralatan sistem kontrol. Sistem kontrol yang diterapkan berbasis IoT (Internet of Things), sehingga pengontrolan dapat dilakukan diluar gedung sekolah. Pengoperasian dan pengontrolan dapat dilakukan dimanapun dan dengan waktu kapanpun. Sistem kontrol berbasis IoT ini dapat mempermudah penggunaan, dapat juga menghemat daya listrik yaitu dapat memastikan penggunaan peralatan listrik sesuai kebutuhan, dan dapat meningkatkan keamanan gedung dari bahaya yang diakibatkan peralatan elektrik yang tidak terkontrol. Pemilihan gedung sekolah Muhammadiyah Lhokseumawe sebagai mitra dalam penerapan teknologi ini adalah bahwa sekolah ini merupakan sekolah swasta yang perlu mendapatkan penerapan teknologi ini sehingga penggunaan peralatan elektrik dapat lebih efisien. Keuntungan dari penerapan teknologi ini pada gedung sekolah Muhammadiyah kota Lhokseumawe adalah efisensi daya listrik di mana peralatan yang dapat dipilih sesuai dengan yang digunakan. Umur peralatan jadi lebih panjang. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini, yaitu mendesain sistem kontrol sesuai peralatan elektrik yang akan dikontrol pada gedung sekolah Muhammadiyah, instalasi sistem kontrol dan peralatan elektrik, pembuatan program pada HP (Handphone) android dan pengujian sistem. Hasil pengujian penerapan pengontrolan berbasis IoT pada gedung sekolah Muhammadiyah mempermudah dan meningkatkan kepastian pengoperasian peralatan listrik.


Kata Kunci


Sistem Kontrol, Peralatan elektrik, IoT, Pengoperasian, Daya Listrik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Diatagirma, H. 2019. Rancang Bangun Miniatur Alat Pengendalian Peralatan Listrik pada Rumah Tinggal Berbasis Internet of Things (IoT). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik Elektro, 1(1).

Pham, H.D., Drieberg, M. and Nguyen, C.C., 2013, December. Development of vehicle tracking sistem using GPS and GSM modem. In Open Sistems (ICOS), 2013 IEEE Conference on (pp. 89-94). IEEE.

Raharjo, Ahmad. 2016. Definisi Internet of Thing. https://teknojurnal.com/definis i-internet-of-things/.

Revaldi, R., & Hariyanto, N. 2021. Perencanaan Instalasi Listrik pada Gedung Lapan Bogor. In Seminar Nasional Energi, Telekomunikasi dan Otomasi (SNETO) (pp. 188-197).

Sokop, S. J., Mamahit, D. J., & Sompie, S. R. 2016. Trainer periferal antarmuka berbasis mikrokontroler arduino uno. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 5(3), 13-23.

Syamsul, S., Hanafi, H., Suherman, S., Widianti, S. Y., & Miswar, M. 2020, February). Pembuatan Trainer Kit Telemetri dan Telekontrol Berbasis Mikrokontroler. In Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe (Vol. 3, No. 1, p. 4).

Syamsul, S., Suherman, S., Razi, F., & Mardiyanto, A. 2021. Pelatihan Peningkatan Skill Bidang Telemetri Berbasis IoT (Internet of Things) bagi Alumni Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe. In Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe (Vol. 5, No. 1, pp. 1-4).

Widodo, A. E., & Widayanto, A. 2021. Kontrol Kipas Angin Menggunakan Aplikasi Blynk Berbasis Arduino Nano. Conten: Computer and Network Technology, 1(2), 79-84.

Yanie, A., Ananda, Y., & Siregar, L. A. (2021). Rancang Bangun Peralatan Deteksi Panas Kabel Pada Panel Listrik Untuk Mengatasi Beban Lebih. JET (Journal of Electrical Technology), 6(2), 51-57.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.