Identifikasi Potensi Daya Listrik Dengan Pengukuran Debit Air Krueng Meuredu Pidie Jaya

Zamzami Zamzami, Abdullah Irwansyah, Fauzan Fauzan, Yassir Yassir, Teuku Hasanuddin

Sari


Tujuan  pada penelitian ini adalah memanfaatkan energi potensi air yang ada pada Krueng Meureudu yang berlokasi di Gampong Lhok Sandeng  Pidie Jaya menjadi energi listrik untuk memenuhi kebutuhan  energi listrik masyarakat disekitarnya.. Identifikasi potensi energi listrik tenaga air Krueng Meureudu dimulai dengan pengukuran debit air yang tersedia dan menetapakn elevasi yang ada pada aliran sungai. Pengukuran debit air sesaat dilakukan dengan melakukan pengukuran luas penampang sungai pada dua lokasi. Setelah didapatkan luas penampang sungai kemudian diukur kecepatan aliran sungai dengan menggunakan alat ukur current meter dan pelampung. Sedangkan debit andalan 90% yang merupakan debit yang digunakan untuk menghitung potensi daya listrik diambil dari data Pos Duga Air  di bendungan sungai Meureudu selama jangka waktu sembilan tahun di mulai dari tahun 2013 sampai dengan 2021.  Berdasarkan hasil pengukuran sesaat diperoleh hasil luas penampang rata-rata sungai yang diukur 12,3 m2 dan kecepatan air 0,383 m/det menggunakan alat ukur current meter dan 0,812 m/det menggunakan pelampung. Debit air sesaat pada tanggal 13 Agustus 2022 hasil pengukuran menunjukkan 4,7 m3/det dan 9,98 m3/det. Probabilitas debit andalan Q90%  dari data sembilan tahun dengan menggunakan metode Weibull diperoleh hasil 8,77 m3/det. Potensi daya listrik pada debit andalan Q90% 7,92 m3/ det pada elevasi 10 m adalah sebesar 776,1 kW.

Kata Kunci


debit air, daya listrik, elevasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anshar Abdullah, Analisis Hidrologi Rencana Bendungan Buttu Batu,Prosiding Seminar Nasional XII “Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta 2017.

Azmi Riza dan Hidayat Amir, “Ketahanan Energi: Konsep, Kebijakan dan Tantangan bagi Indonesia”, Buletin Info Risiko Fiskal Edisi 1, 2014.

Anonim, “Modul Perhitungan Hidrologi”, Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Sumber Daya Air Dan Konstruksi, Tanpa Tahun

Teddy T,”Identifikasi dan Pengukuran Debit Aliran Sungai Sario”, Volume 3 N03, Jurnal Teknik Sipil Terapan,2021

Hasannuddin Teuku,, “Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Air Krueng Lhok Gob Desa Kumba Kabupaten Pidie Jaya”, Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe Vol.3 No.1 Oktober 2019 ISSN: 2598-3954,2019.

Badan Standardisasi Nasional, “Tata cara pengukuran debit aliran sungai dan saluran terbuka menggunakan alat ukur arus dan pelampung”,SNI 8066:2015,2015.

Soewarno, “Hidrologi-Hidrometri”, Penerbit Nova, Bandung,1998

Mahenra Dwi Sukma,”Studi Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Di Sungai Warkapi Distrik Tanah Rubuh Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat”. Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Pengairan UNIBRAW Vol 1, No 2,2018

Lukis Tria, “Optimasi Pola Taman Daerah Irigasi Uwai Pangoan Kabupaten Kampar”, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Riau, Volume 1 No. 2 Oktober 2014

JICA. “Panduan Untuk Pembangunan PLTMH”. Jakarta. JICA,2003


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.