Media PembelajaranVideo Safety InductionAlat Kontruksi Kayu Tradisional Berbasis Adobe Flash

Gabriela Talita Mabelinda, A. G. Tamrin, Fajar Danur Isnantyo

Sari


Penerapan edukasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada sekolah masih dikatakan kurang. Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran video safety induction pada penggunaan alat konstruksi kayu tradisional
berbasis adobe flash player; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran video safety induction pada penggunaan alat konstruksi
kayu tradisional berbasis media adobe flash player. Penelitian denganResearch and Development (R&D). Hasil pengembangan
penelitian berupa file shockwave flash (swf) yang dapat ditampilkan pada desktop dengan aplikasi Adobe Flash Player. Selain itu
produk juga bisa dijalankan di perangkat mobile dengan bantuan swf player. Kelayakan media pembelajaran Keselamatan dan
Kesehatan Kerja (K3) alat konstruksi kayu tradisional berdasarkan penilaian yang telah dilakukan : (1) hasil penilaian ahli materi
persentase kelayakan 86% dan dikategorikan sangat layak dan hasil penilaian ahli media persentase kelayakan 93,75% dan
dikategorikan sangat layak, (2) hasil penilaian uji coba terbatas persentase kelayakan 87,8% persentase dan dikategorikan sangat
layak dan hasil penilaian uji coba lebih luas persentase kelayakan 86,68% dan dikategorikan sangat layak. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Alat Konstruksi Kayu Tradisional berbasis Adobe
Flash Player dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.


Kata Kunci


Media Pembelajaran, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Alat Kontruksi Kayu Tradisiona

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, & Azhar. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: PT.

Raja Grafindo Persada.

Biro Humas Kemnaker. (2020, Februari 14). Kementerian

Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Diambil kembali dari

https://kemnaker.go.id/news/detail/menaker-jadikan-k3-

sebagai-prioritas-dalam-bekerja

Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan Di

Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Kepmenaker Nomor 463/MEN/1993. (2014).

jdih.kemnaker.go.id. Diambil kembali dari

https://jdih.kemnaker.go.id/asset/data_puu/KEPMEN_BULAN

_K3_386.PDF

Mubarok, Y. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA

PEMBELAJARAN K3 BERBASIS ANDROID SEBAGAI

STRATEGI EDUKATIF UNTUK MELATIH SISWA SMK

SEBAGAI TENAGA KERJA TERAMPIL DI PASAR

GLOBAL. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 15-26.

Mulyana, A. (2020, Februari 23). Pendidikan

Kewarganegaraan. Diambil kembali dari PENELITIAN

PENGEMBANGAN (RESEARCH AND DEVELOPMENT )

Pengertian, Tujuan dan Langkah-langkah R&D:

https://ainamulyana.blogspot.com/2016/04/penelitian-

pengembangan-research-and.html

Munandar, M. R., Astuti, E. S., & Hakam, M. S. (2014).

PENGARUH KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA (K3)

DAN INSENTIF (Studi Pada Pekerja bagian Produksi PT.

SEKAWAN KARYATAMA MANDIRI Sidoarjo). Jurnal

Administrasi Bisnis.

Pujiyanto, A. (2019). ENGEMBANGAN MEDIA

PEMBELAJARAN INTERAKTIF CONTINUOUSLY

VARIABLE TRANSMISSION PADA MATA PELAJARAN

MEMELIHARA TRANSMISI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK

KENDARAAN RINGAN SMK NASIONAL BERBAH

YOGYAKARTA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Dalam Metode Peneitian Kombinasi.

Bandung: Alfabeta.

Yunianti, R. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO

PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS X PADA

KOMPETENSI MEMBUAT GARNISH SAYURAN DI SMK N 6

YOGYAKARTA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.