Media PembelajaranVideo Safety InductionAlat Kontruksi Kayu Tradisional Berbasis Adobe Flash
Sari
Penerapan edukasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada sekolah masih dikatakan kurang. Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran video safety induction pada penggunaan alat konstruksi kayu tradisional
berbasis adobe flash player; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran video safety induction pada penggunaan alat konstruksi
kayu tradisional berbasis media adobe flash player. Penelitian denganResearch and Development (R&D). Hasil pengembangan
penelitian berupa file shockwave flash (swf) yang dapat ditampilkan pada desktop dengan aplikasi Adobe Flash Player. Selain itu
produk juga bisa dijalankan di perangkat mobile dengan bantuan swf player. Kelayakan media pembelajaran Keselamatan dan
Kesehatan Kerja (K3) alat konstruksi kayu tradisional berdasarkan penilaian yang telah dilakukan : (1) hasil penilaian ahli materi
persentase kelayakan 86% dan dikategorikan sangat layak dan hasil penilaian ahli media persentase kelayakan 93,75% dan
dikategorikan sangat layak, (2) hasil penilaian uji coba terbatas persentase kelayakan 87,8% persentase dan dikategorikan sangat
layak dan hasil penilaian uji coba lebih luas persentase kelayakan 86,68% dan dikategorikan sangat layak. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Alat Konstruksi Kayu Tradisional berbasis Adobe
Flash Player dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arsyad, & Azhar. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: PT.
Raja Grafindo Persada.
Biro Humas Kemnaker. (2020, Februari 14). Kementerian
Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Diambil kembali dari
https://kemnaker.go.id/news/detail/menaker-jadikan-k3-
sebagai-prioritas-dalam-bekerja
Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan Di
Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
Kepmenaker Nomor 463/MEN/1993. (2014).
jdih.kemnaker.go.id. Diambil kembali dari
https://jdih.kemnaker.go.id/asset/data_puu/KEPMEN_BULAN
_K3_386.PDF
Mubarok, Y. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN K3 BERBASIS ANDROID SEBAGAI
STRATEGI EDUKATIF UNTUK MELATIH SISWA SMK
SEBAGAI TENAGA KERJA TERAMPIL DI PASAR
GLOBAL. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 15-26.
Mulyana, A. (2020, Februari 23). Pendidikan
Kewarganegaraan. Diambil kembali dari PENELITIAN
PENGEMBANGAN (RESEARCH AND DEVELOPMENT )
Pengertian, Tujuan dan Langkah-langkah R&D:
https://ainamulyana.blogspot.com/2016/04/penelitian-
pengembangan-research-and.html
Munandar, M. R., Astuti, E. S., & Hakam, M. S. (2014).
PENGARUH KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA (K3)
DAN INSENTIF (Studi Pada Pekerja bagian Produksi PT.
SEKAWAN KARYATAMA MANDIRI Sidoarjo). Jurnal
Administrasi Bisnis.
Pujiyanto, A. (2019). ENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN INTERAKTIF CONTINUOUSLY
VARIABLE TRANSMISSION PADA MATA PELAJARAN
MEMELIHARA TRANSMISI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK
KENDARAAN RINGAN SMK NASIONAL BERBAH
YOGYAKARTA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2015). Dalam Metode Peneitian Kombinasi.
Bandung: Alfabeta.
Yunianti, R. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO
PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS X PADA
KOMPETENSI MEMBUAT GARNISH SAYURAN DI SMK N 6
YOGYAKARTA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.
.