Pengaruh Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sistem Pengisian Sepeda Motor di SMK N 1 Lhoksukon

Sayni Nasrah, Desiana Desiana, Jumadi Jumadi

Sari


Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pengisian sepeda motor disebabkan proses pembelajaran yang
bersifat satu arah membuat siswa jenuh dalam pembelajaran, untuk itu penerapan model pembelajaran problem basedlearning salah
satu model pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. oleh karena itu tujuan penelitian yaitu untuk
mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning untukmeningkatkan hasil belajar di kelas XI
di TBSM pada mata pelajaran sistem pengisian sepeda motor di SMK Negeri 1 Lhoksukon. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode quasi experiment design dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini sampel diambil sebanyak 23 siswa setiap
kelas dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian maka ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji Independen Sample T-Test didapatkan
hasil thitung > ttabel yaitu 2,699 > 2,017 maka tolak H0, sehingga hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini yang menyatakan
terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar di kelas XI di TBSM
pada mata pelajaran sistem pengisian sepeda motor di SMK Negeri 1 Lhoksukon dapat diterima.


Kata Kunci


Problem Based Learning, Hasil belajar Siswa, Sistem Pengisian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pelajaran Saintifik untuk Kurikulum

Jakarta:Bumi Aksara.

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan

Belajar: teoriDiagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, M. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta didik, Jakarta:

BumiAksara.

Anni, Catharina Tri. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT Unnes

Press. Arikunto, Suharsimi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta:

Bumi Aksara. Baharuddin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2016. Strategi

Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi pengajaran, Jakarta: Bumi

Aksara.Hamalik. Oemar. 2015. Psikoligi Belajar Mengajar. Bandung:

Sinar Baru.

Hamsyah, Giant Jourdie, dkk. (2020). Pengaruh Penerapan Model

Pembelajaran Problem based learning terhadap Hasil Belajar Siswa

SMK Berdasrakan Studi Literatur Penguasaan teori Dasar-Dasar

Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 9, No. 3.

Hani, Handoko, 2006, Manajemen Personalia dan Sumber Daya

Manusia, Badan Penerbit Fakultas Ekonomi, edisi kedua, Yogyakarta.

Johnson, R. Burke & Christensen, Larry. 2014. Educational Research:

Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. USA: SAGE

Publications, Inc.

Junaisi, Muhammad Kaluwih Pengertian dan Lutfianto, Moch. 2018.

Pengaruh Problem based learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada

Materi Trigonometri. Jurnal Pembelajaran Matematika, Vol. 5, No. 2.

Miftahul, Huda. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran,

R. E. Sorace, V. S. Reinhardt, and S. A. Vaughn, ―High-speed digital-

Permendikbud. 2016. Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar

Penilaian Pendididkan.

Purwanto. 2013.Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

obiyanto, Agus. 2021. Pengaruh Model Problem based learning

terhadap Hasil belajar Siswa. Jurnal Pendidikan guru Sekolah Dasar,

Vol. 2, No. 1.

Rusman .2012. Model –Model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo

Persada. Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem

Pembelajaran. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model pembelajaran Inovatif dalam

Kurikulum 2013, Ygyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya.

Jakarta:Pustaka Indonesia.

Sudjana, Nana. 2011. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2014. Media Pengajaran, Bandung :SB AIgensindo.

Sudjana, Nana. dan Ibrahim. 2015. Penelitian dan

Penilaian Pendidikan,Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung : Alfabeta.

Sajid, Naufal Farras. (2016). Penggunaan Peraga Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar pada Kompetensi Identifikasi dan Merangkai Sistem

Pengisian Sepeda Motor. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas

Teknik Universitas Negeri Semarang.

Suranto, Fajar. (2019). Pengereman Dinamik Motor Induksi 3 Fasa

Dengan Menggunakan Metode Injeksi Arus DC. Teknik Elektro

Fakultas Teknik Univeristas Negeri Yogyakarta

Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Raja

Grafindo Persada. Thoha, Miftah. 2013. Kepemimpinan dalam

Manajemen. Jakarta : Raja GrafindoPersada.

Tjatur, S., & Wahyudi, A. 2013. Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda

Motor SMK Kelas XI Semester 1.Malang:Kementerian Pendidikan &

Kebudayaan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.