Pengaruh Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sistem Pengisian Sepeda Motor di SMK N 1 Lhoksukon
Sari
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pengisian sepeda motor disebabkan proses pembelajaran yang
bersifat satu arah membuat siswa jenuh dalam pembelajaran, untuk itu penerapan model pembelajaran problem basedlearning salah
satu model pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. oleh karena itu tujuan penelitian yaitu untuk
mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning untukmeningkatkan hasil belajar di kelas XI
di TBSM pada mata pelajaran sistem pengisian sepeda motor di SMK Negeri 1 Lhoksukon. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode quasi experiment design dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini sampel diambil sebanyak 23 siswa setiap
kelas dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian maka ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji Independen Sample T-Test didapatkan
hasil thitung > ttabel yaitu 2,699 > 2,017 maka tolak H0, sehingga hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini yang menyatakan
terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar di kelas XI di TBSM
pada mata pelajaran sistem pengisian sepeda motor di SMK Negeri 1 Lhoksukon dapat diterima.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pelajaran Saintifik untuk Kurikulum
Jakarta:Bumi Aksara.
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan
Belajar: teoriDiagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, M. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta didik, Jakarta:
BumiAksara.
Anni, Catharina Tri. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT Unnes
Press. Arikunto, Suharsimi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta:
Bumi Aksara. Baharuddin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2016. Strategi
Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi pengajaran, Jakarta: Bumi
Aksara.Hamalik. Oemar. 2015. Psikoligi Belajar Mengajar. Bandung:
Sinar Baru.
Hamsyah, Giant Jourdie, dkk. (2020). Pengaruh Penerapan Model
Pembelajaran Problem based learning terhadap Hasil Belajar Siswa
SMK Berdasrakan Studi Literatur Penguasaan teori Dasar-Dasar
Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 9, No. 3.
Hani, Handoko, 2006, Manajemen Personalia dan Sumber Daya
Manusia, Badan Penerbit Fakultas Ekonomi, edisi kedua, Yogyakarta.
Johnson, R. Burke & Christensen, Larry. 2014. Educational Research:
Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. USA: SAGE
Publications, Inc.
Junaisi, Muhammad Kaluwih Pengertian dan Lutfianto, Moch. 2018.
Pengaruh Problem based learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada
Materi Trigonometri. Jurnal Pembelajaran Matematika, Vol. 5, No. 2.
Miftahul, Huda. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran,
R. E. Sorace, V. S. Reinhardt, and S. A. Vaughn, ―High-speed digital-
Permendikbud. 2016. Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar
Penilaian Pendididkan.
Purwanto. 2013.Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
obiyanto, Agus. 2021. Pengaruh Model Problem based learning
terhadap Hasil belajar Siswa. Jurnal Pendidikan guru Sekolah Dasar,
Vol. 2, No. 1.
Rusman .2012. Model –Model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo
Persada. Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem
Pembelajaran. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model pembelajaran Inovatif dalam
Kurikulum 2013, Ygyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya.
Jakarta:Pustaka Indonesia.
Sudjana, Nana. 2011. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2014. Media Pengajaran, Bandung :SB AIgensindo.
Sudjana, Nana. dan Ibrahim. 2015. Penelitian dan
Penilaian Pendidikan,Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung : Alfabeta.
Sajid, Naufal Farras. (2016). Penggunaan Peraga Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar pada Kompetensi Identifikasi dan Merangkai Sistem
Pengisian Sepeda Motor. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas
Teknik Universitas Negeri Semarang.
Suranto, Fajar. (2019). Pengereman Dinamik Motor Induksi 3 Fasa
Dengan Menggunakan Metode Injeksi Arus DC. Teknik Elektro
Fakultas Teknik Univeristas Negeri Yogyakarta
Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Raja
Grafindo Persada. Thoha, Miftah. 2013. Kepemimpinan dalam
Manajemen. Jakarta : Raja GrafindoPersada.
Tjatur, S., & Wahyudi, A. 2013. Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda
Motor SMK Kelas XI Semester 1.Malang:Kementerian Pendidikan &
Kebudayaan.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.
.