Selai Bluh Cream Berbahan Dasar Belimbing Wuluh dan Whipping Cream

Faridah Faridah, Ratna Sari, Ratni Dewi, Selvie Diana, Fiatur Rahmah, Yuniati Yuniati

Sari


Selai Bluh Cream merupakan produk makanan olahan makanan setangah padat atau kental yang berbahan dasar buah belimbing wuluh dan whipping cream. Penelitian ini memanfaatkan buah belimbing wuluh yang banyak mengandung vitamin C dan asam oksalat dan whipping cream. Inovasi dari penelitian ini adalah menghasilkan selai dari campuran buha belimbing wuluh dengan whipping cream. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan selai bluh cream berdasarkan belimbing wuluh dan whipping cream. Selai Bluh Cream dengan menggunakan parameter kadar air dan uji sensoris.  Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini ada beberapa tahapan diantrannya: 1) Pembuatan Selai Bluh Cream menvariasikan rasio selai belimbing wuluh dan whipping cream ( 1:1, 1:2, 1:3 dan 2:1) dengan menvariasikan waktu pencampuran (15, 20, 25, dan 30 menit). Parameter yang diamati selama proses adalah pH, warna, kadar air,  dan total padatan terlarut. Hasil penelitian ini diperoleh kadar air, padatan terlarut, pH, dan daya simpan yang mendekati SNI dihasilkan pada rasio selai terhadap whippy cream 2:1 pada waktu mixing 20 menit, dengan kadar air sebesar 45.86%, padatan terlarut 29%, pH 3.05.


Kata Kunci


Selai, bluh cream, whipping, waktu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nurmalasari, P. (2019). Pemanfaatan Labu Siam (Sechium edule (Jacq.) Sw.) Dan Ubi Jalar Cilembu (Ipomoea batatas (L.) Lam. var. cilembu) Sebagai Bahan Utama Dalam Pembuatan Selai. In Journal of Chemical Information and Modeling. Universitas Sanata Dharma.

Elistia. (2017). Pemanfaatan Buah Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.) Dalam Pembuatan Selai Lembaran Belimbing Wuluh Sebagai Sumber Vitamin C. Politeknik Kesehatan PalembangFajri. (2020). PENGARUH PENAMBAHAN SERAT TALI RAFIA TERHADAP SIFAT MEKANIS. 73–80.

Miftakul Insanurjanah, A. S. (2019). Proporsi Buah Belimbing Wuluh ( Averehoa belimbi ) - Pepaya ( Carica Papaya L .) Dan Suhu Pengeringan. 8(2), 356–363

Fauzi, D. R., & Palupi, H. T. (2020). Pengaruh proses blanching dan penambahan karagenan pada kualitas selai lembaran belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.). Teknologi Pangan : Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 11(2), 152–161.

Naufal, A. (2019). Pengaruh Perbandingan Dark Chocolate Couverture (Theobroma cacao L.) Dengan Whipping Cream dan Konsentrasi Gelatin Terhadap Karakteristik Chocolate Slice. Skripsi Universitas Pasundan.

Syaifuddin, U., Ridho, R., & Harsanti, R. S. (2019). Pengaruh konsentrasi kulit buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) dan gula terhadap karakteristik selai. Teknologi Pangan Dan Ilmu Pertanian, 1(1), 27–39.

Mutia, K., & Yunus, R. (2016). Pengaruh Penambahan Sukrosa pada Pembuatan Selai Langsat. Jtech, 2016(2), 80–84

Amelia, O., Astuti, S., & Zulferiyenni. (2016). Pengaruh penambahan pektin dan sukrosa terhadap sifat kimia dan sensori selai jambu biji merah (Psidium guajava L.). Prosisding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian, September, 149–159.

Elistia. (2017). Pemanfaatan Buah Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi L.) Dalam Pembuatan Selai Lembaran Belimbing Wuluh Sebagai Sumber Vitamin C. Politeknik Kesehatan Palembang

Putri Ni Kadek W.R.2014. Pengaruh Fermentasi Dan Penambahan Gula Dalam Prose Pembuatan Slai Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi. L.) Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Fatima, A. L. (2019). Kadar Air , Sineresis , Dan Daya Terima Selai Buah. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ita Noor Farikha, Choirul Anam, E. W. (2013). Pengaruh Jenis Dan Konsentrasi Bahan Penstabil Alami Terhadap Karakteristik Fisikokimia Sari Buah Naga Merah ( Hylocereus Polyrhizus ) Selama Penyimpanan The Effect Of Natural Stabilizer. 2(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.