Analisis Rasio Keuangan Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Perusahaan Arthavest Tbk)

Syarifah Maisthura, M. Yazid, Haris Al Amin

Sari


Penelitian ini berjudul Analisis Rasio Keuangan pada Bursa Efek Indonesia Studi Kasus Pada Perusahaan Arthavest Tbk Periode 2014-2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis rasio keuangan di Bursa Efek Indonesia khususnya pada perusahaan Arthavest Tbk periode 2014-2017 yang diukur melalui Rasio Likuiditas (Current Ratio), Rasio Aktivitas (Total Asset Turn Over ) dan Rasio Profitabilitas Ekuitas). Objek penelitian ini adalah Perusahaan Arthavest Tbk. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan perusahaan yang diteliti dengan menggunakan analisis rasio keuangan yang diambil dari laporan keuangan perusahaan yang terdiri dari neraca dan laporan laba rugi. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari situs resmi BEI www.idx.co.id, atau situs resmi masing-masing perusahaan https://www.arthavest.com/. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perusahaan Arthavest Tbk selama empat tahun terakhir cenderung tidak stabil kecuali pada rasio likuiditas dimana perusahaan telah mampu memenuhi kewajiban jangka pendeknya dengan memperoleh aktiva lancar yang lebih besar dari kewajiban lancarnya.


Kata Kunci


Laporan Keuangan, Saham Syariah, Rasio Likuiditas, Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Barus, M. A., & Sudjana, N., dkk. (2017). Penggunaan Rasio Keuangan Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaaan (Sudi pada PT. Astra Otoparts Tbk, dan PT. Goodyer Indonesia Tbk yang Go Public di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 44.

. Darsono. (2005). Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta: Andi Offset.

. Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). (2001). No. 20 tentang Pedoman Pelaksanaan Investasi untuk reksa dana syariah.

. Juliansyah, Noor. 2011. Metode Penelitian. PT. Bhuana Ilmu Populer: Jakarta.

. Kasmir. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

. Kasmir. (2014). Pengantar Manajemen Keuangan Edisi kedua. Jakarta: Kencana.

. Munawir, S. (2010). Analisis Laporan Keuangan edisi keempat, cetakan kelima belas. Yogyakarta: Liberty.

. Munawir. (2012). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

. Nurhayati, Sri. (2015). Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

. Pulloh, Joy., & NP, M.G. Wi Endang. dkk. (2016). Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan (studi kasus pada PT. HM Sampoerna Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis.Vol. 33.

. Sartono, Agus. (2011). Manajemen Keuangan (Teori & Aplikasi). BPFE: Yogyakarta.

. Suhendro, Dedi. (2017). Analisis Profitabilitas dan Likuiditas untuk Menilai Kinerja Keuangan pada PT. Siantar Top Tbk. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. 4.

. Syamsuddin, Lukman. (2011). Manajemen keuangan Peruahaan: Konsep Aplikasi dan Perencanaan Pengawasan dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.