Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Muhammad Rizka, Amirullah Amirullah, Zulfan Khairil Simbolon, Mursyidah Mursyidah, Rusli Rusli

Sari


Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat merupakan bagian dari kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus diselenggarakan oleh setiap perguruan tinggi. Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) sebagai institusi perguruan tinggi memiliki kewajiban menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat setiap tahun. PNL sebagai institusi perguruan tinggi memiliki UPT Pusat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) yang ditugaskan sebagai pelaksana penyelenggaraan Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan PNL. Setiap tahun P3M melaksanakan berbagai kegiatan pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat yang menghasilkan berbagai dokumen diantaranya mulai dari proposal sampai dengan laporan. Dalam pengelolaan dokumen P3M selama ini masih bergantung pada aktivitas manual dalam mengumpulkan, menyimpan, mengolah serta menyajikan data penelitian. Hal ini menyebabkan beberapa masalah diantaranya: keterlambatan, ketidakakuratan, dan kehilangan data serta beban kerja berlebih bagi administrator dan operator dalam mengaksess dan mengelola dokumen penelitian dan pengabdian masyarakat. Dengan berbagai permasalahan tersebut maka diperlukan adanya sebuah aplikasi sistem informasi yang dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini di usulkan sebuat judul penelitian Terapan yaitu Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Sistem Informasi ini dapat menelola berbagai data, pengumpulan data proposal, laporan kemajuan dan laporan akhir serta menangani transaksi seleksi proposal, monitoring dan evaluasi laporan kemajuan, serta seminar hasil, termasuk di dalamnya menangani proses review penelitian pada tiap tahapan tersebut.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[Mustakini, Analisis dan Desain Sistem Informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis, Yogyakarta: Andi, 2005.

Amsyah, Zulkifli. 2005. Manajemen Informasi Sistem. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Ramez Elmasri & Shamkant B Navathe. 2000. Database System.

Ivan Williandy, Helmy Fitriawan, Raden Arum SP3 "Rancang Bangun Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Teknik Universitas Lampung Menggunakan PHP dan MySQL" ELECTRICIAN - Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, Volume 10, No. 3, September 2016

E. Hartati, "Website Pelaporan Kinerja Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Pada Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Stmik Palcomtech Palembang," Sistem Informasi, STMIK PalComTech Palembang, p. 1, 2014.

Solichin, Achmad. 2010. Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Universitas Budi Luhur, Jakarta. 122 hlm.

Kadir, Abdul. 2004. Mudah mempelajari database MySQL. Penerbit ANDI, Yogyakarta. 220 hlm.

Wardana, S.Hut., M.Si.,2010, "Menjadi master PHP dengan Framework Codeigniter". Jakarta: Elex Media.

Almas Rahmah Arimi Shodiq "Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sesuai Standar BAN-PT", Tugas Akhir, Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2013.

Ivan Williandy, Helmy Fitriawan, Raden Arum SP3 "Rancang Bangun Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Teknik Universitas Lampung Menggunakan PHP dan

Desi Ratnasari, Hilmy Abidzar Tawakal, "Analisis Dan Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat LPPM STT TERPADU NURUL FIKRI" , Jurnal Informatika Terpadu, STT Nurul Fikri, 2017.

Winarko, Edi, 2006, Perancangan Database dengan Power Designer, PrestasiPustaka, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.