Pelatihan Sistem Pemasaran Produk Kerajinan Bordir Motif Aceh Menggunakan Aplikasi Media Online Pada UKM Nadia Souvenir Desa Ulee Madon Kabupaten Aceh Utara

Salahuddin Salahuddin, M. Khadafi, Syawal Harianto, Muhammad Nasir, Hendrawaty Hendrawaty

Sari


Sejak merebaknya wabah Coronavirus Disease (COVID-19) telah melumpuhkan sebagian besar aktivitas masyarakat terutama usaha UMKM, seperti pada mitra Nadia Souvenir. Permasalaha mitra adalah berkaitan dengan belum adanya suatu model pemasaran menggunakan teknologi informasi berbasis digital pada mitra program dalam rangka menjalankan prinsip ekonomi minim kontak (less contact economy) agar usaha mitra program tetap produktif meskipun pada situasi era Covid-19 dan pasca Covid-19.  Tujuan penerapan ipteks adalah untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami mitra dalam meningkatkan pemasaran/penjualan produk agar usaha mitra tetap eksis/produktif pada masa sulit era Covid-19. Sehingga diharapkan dapat memperluas akses pemasaran jaringan pangsa pasar/segmen pasar baru terutama di dalam negeri. Sedangkan metode pelaksanaan yaitu melakukan pembekalan teori untuk menjelaskan teori dasar tentang sistem pemasaran produk online secara umum. Metode demonstrasi menjelaskan tatacara membangun sistem pemasaran berbasis apikasi berbasis medsos. Metode praktek dilakukan dengan mempraktikkan langsung semua materi yang sudah didapatkan sebelumnya baik mengenai membangun pemasaran menggunakan Aplikasi Facebook dan menggunakan Aplikasi Instagram serta Aplikasi Canva untuk mendesain tampilan gambar produk yang dipandu langsung oleh pengabdi. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilaksanakan selama kegiatan, hampir semua peserta pelatihan dapat membuat sistem pemasaran produk kerajinan bordir motif aceh menggunakan Aplikasi Facebook, Instagram, Canva/Photoshop dengan baik. Hasil evaluasi yang telah dilakukan terdapat 82,05 % para peserta pelatihan sudah dapat mencreate fanpage pada Facebook dan membuat branding produk mitra melalui media online.

Kata Kunci


Aplikasi Facebook, Instagram, Canva, Less contact economy, Covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Masriadi, “Kisah Awal Mula Lahirnya Tas Aceh yang Kini Mendunia,” kompas.com, p. 3, 2020.

P3M, “UMKM Mitra Binaan Politeknik Negeri Lhokseumawe dan PT.PLN Lhokseumawe,” 2020. http://p3m.pnl.ac.id.

H. Zahara, “Upaya Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif Kerajinan Bordir Aceh Di Kabupaten Aceh Utara,” Agrifo J. Agribisnis Univ. Malikussaleh, vol. 1, no. 1, p. 21, 2018, doi: 10.29103/ag.v1i1.1078.

Salahuddin, “Model Perancangan Aplikasi Pemasaran Produk Usaha Mikro , Kecil dan Menengah ( UMKM ) Berbasis Kearifan Lokal Di Kota Lhokseumawe,” J. Info Media Politek. Negeri Lhokseumawe, vol. 5, no. 2, pp. 38–43, 2020.

Salahuddin;Husaini;Anwar;Zulfan, “Web-Gis Application Of Agricultural And Food Crop Management,” J. Eng. Sci. Res., vol. 2, no. 1, pp. 25–30, 2020, doi: 10.23960/jesr.v2i1.39.

Salahuddin, Husaini, and Anwar, “Web-based information system design of agricultural management towards self-sufficiency local food in North Aceh,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 953, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/953/1/012018.

J. E. Aryansah, “Strategi bertahan usaha mikro kecil dan menengah sektor kuliner di masa pandemi covid-19,” no. November, pp. 323–329, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/AVoer/article/download/687/493.

W. laura Hardilawati, “Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Akunt. dan Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 89–98, 2020, doi: 10.37859/jae.v10i1.1934.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.