Pelatihan Latex Untuk Tim Pengelola Jurnal Di Lingkungan Politeknik Negeri Lhokseumawe

Luthfi Luthfi, Herri Mahyar, Zuhaimi Zuhaimi, Jufriadi Jufriadi, Zaini Zaini

Sari


Latex sebagai format artikel pada jurnal sudah umum digunakan di berbagai jurnal internasional karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan Microsoft Word yang saat ini umum digunakan sebagai format artikel jurnal di Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL). Sayangnya tim pengelola jurnal belum memandang Latex sebagai alternatif yang berpotensi digunakan sebagai format artikel jurnal karena persepsi mereka software gratis seperti Latex sulit untuk diperoleh dan sulit diinstal pada komputer. Dalam artikel ini akan dipaparkan kegiatan sosialisasi dan pelatihan Latex untuk pengelola dan editor jurnal. Dari 10 kategori penilaian penguasaan materi Latex, nilai rata-rata penguasaan materi meningkat dari 0 sebelum pelatihan menjadi rata-rata 86 setelah pelatihan. Persepsi Latex sebagai format artikel di kalangan para editor Jurnal di lingkungan PNL juga meningkat menjadi 62% dari para editor yang menganggap Latex adalah aplikasi yang lebih baik dalam menulis artikel jurnal.


Kata Kunci


Latex; MiKTeX; TeXstudio; artikel; pengolah kata

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


H. Kopka dan P. W. Daly, Guide to LATEX, Edisi ke 4, Addison Wesley, Stoughton, Massachusetts, Amerika Serikat, 2007.

T. Oetiker, Latex in 157 Minutes: The (Not So) Short Introduction to Latex, Edisi Ilustrasi, Samurai Media Limited, 2015.

F. Mittelbach dan M. Goossens, The LATEX Companion, Edisi ke 2, Addison Wesley, Westford, Massachusetts, Amerika Serikat, 2006.

M. Goossens, et al, The LATEX Graphics Companion, Edisi ke 2, Addison Wesley, Westford, Massachusetts, Amerika Serikat, 2007.

M. Goossens, and S. Rahtz, The LATEX Web Companion, Edisi Pertama, Addison Wesley, Amerika Serikat, 2007.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.