Implementasi Sistem Manajemen Administrasi E-Gampong Bagi Aparatur Gampong Paloh Batee Kecamatan Muara Dua

Muhammad Arhami, Anwar Anwar, Musta’inul Abdi, Subhan Subhan

Sari


Paloh Batee merupakan salah satu Gampong yang berada di Kemukiman Cunda Kecamatan muara dua kota Lhokseumawe. Jarak gampong ini dari ibukota kecamatan adalah sekitar 2 Km. Luas wilayah Gampong Paloh Batee ± 75 Ha. Berdasarkan tata Kelola gampong, Gampong Paloh Batee terbagi kedalam  Tiga dusun yaitu Dusun A, Dusun B, dan Dusun C dengan jumlah penduduk  977 jiwa dengan 332 kepala Keluarga. Berdasarkan jenis kelamin maka diperoleh informasi ada 484 jiwa penduduk laki-laki dan 493 jiwa penduduk Perempuan. Gampong Paloh Batee memerlukan pelayanan yang berorientasi pada teknologi, karena berdasarkan penjelasan dari Keuchik setempat bahwa saat ini layanan untuk masyarakat terutama terkait layanan administrasi masih menggunakan cara-cara yang manual. Untuk itu diperlukan peningkatan terhadap pelayanan bagi masyarakat melalui layanan yang berbasis komputer.  Oleh karena itu tim pengusul berdasarakan permintaan dari Geuchik Gampong paloh Batee dan hasil diskusi dengan aparatur Gampong telah melaksanakan pelatihan yang berkaitan dengan pemanfaatan perangkat lunak atau aplikasi Sistem Informasi Administrasi berbasis web atau E-Gampong yang telah diberikan kepada aparatur Gampong Paloh Batee dan akan diimplementasikan di Gampong Paloh Batee  Melalui pelatihan ini diharapkan nantinya pelayanan terhadap administrasi Gampong akan lebih baik lagi. Walaupun ada kendala dalam pelaksanaan namun secara rata-rata kegiatan ini telah dapat dilaksanakan dengan baik, dilihat dari penilaian dimana rata-rata pretest adalah 66,25 dan dapat ditingkatkan pada saat post test menjadi 80. Hal ini menunjukkan bahwa peserta serius dalam mengikuti pelatihan ini. Untuk kedepannya peserta dan pihak Gampong Paloh Batee meminta agar ada aplikasi-aplikasi lainnya yang dapat diterapkan pada bagian administrasi dan keuangan Gampong mereka.


Kata Kunci


administrasi, manajemen, pelayanan, sistem, teknologi;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Onsardi, O., Sumarlan, A., & Finthariasari, M, 2019. Tata Kelola Adminitrasi Desa Tepi Laut Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, Nomor 2(1).

Mouw, E dan Keradjaan, H. 2019. Pengelolaan Administrasi Pemerintah Desa, Pemerintahan Desa. Jurnal UNIERA Volume 5, Nomor 2.

Saymote, A. (2014), Develop a Village Information System (VIS) Application Using Visual Basic (VB) Programming International Journal Computer Technology & Applications (IJCTA), 5(3), pp. 916–922.

Mayowan, Y. (2016), Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Desa e-Journal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, 10(1), pp. 14–23.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.