Penerapan Biosand Filter Untuk Mengurangi Tingkat Kesadahan Pada Air Tanah

Suryati Suryati, Misriana Misriana, Mursyidah Mursyidah, Widdha Mellyssa, Ummi Habibah

Sari


Dalam memenuhi kebutuhan air sehari-hari masyarakat Santri Dayah Darul Ulum, mereka mengambilnya di air tanah. Masalah umum yang dihadapi dalam pemanfaatan air tanah adalah adanya beberapa pencemar di dalamnya, penggunaan kesadahan penyaringan untuk air tanah dapat menyebabkan masalah teknis, masalah kesehatan dan masalah fisik. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pelatihan teknik penjernihan airtanah dengan metode biosand filter. Materi pelatihan yang akan dibahas dalam aplikasi iptek ini adalah tentang paket penjernihan air lengkap dengan metode Filtrasi, mulai dari pengertian air bersih, konsep dasar pengolahan air, persiapan alat dan bahan hingga langkah kerja. dan pemeliharaan. Tujuan dari kegiatan penerapan iptek ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengalaman kepada mitra tentang cara pengolahan air yang tidak layak pakai dan berkualitas.


Kata Kunci


Biosand filter, penjernihan air, kesadahan, air sumur bor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Menteri Kesehatan RI, "Peraturan Menteri Kesehatan RI No 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum," Jakarta, 2010.

Friska Septiani Silitonga dkk, "Desain Alat Pengolahan Air Sadah di Desa Berakit," Jurnal Abdimas, vol. Vol 2, No. 1, Februari 2020.

Giani Qurrata Dinora, "Penurunan Kandungan Zat Kapur dalam Air Tanah dengan Menggunakan Media Zeolit Alam dan Karbon Aktif Menjadi Air Bersih," Jurnal Teknik POMITS, vol. Vol. 2, No. 2, 2013.

dkk Evana, "Tingkat Kesadahan Air Sumur di Dusun Gelaran 01 Desa Bejiharjo Karangmojo Gunungkidul, Yogyakarta," Fullerene Journ. Of Chem , vol. Vol.3 No.2:, 2018.

dkk Ratna Sari Dewi, "Pengaruh Lama Kontak Arang Kayu Terhadap Penurunan Kadar Kesadahan Air Sumur Gali Di Paal Merah IIkota Jambi," Riset Informasi Kesehatan, vol. Vol.7, No.1, 2018.

Dyah Kurniawati Agustika, "Pembuatan Dan Penyuluhan Biosand Filteruntuk Pengelolaan Air Bersih Di Kelurahan Giritontro, Kecamatan Giitontro, Kabupaten Wonogiri," UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, Jogjakarta, Program Pengabdian kepada Masyarakat 2015.

Okdika Berliandra, dkk "Aplikasi Biosand Filter Dengan Penambahan Media Karbon (Arang Kayu) Untuk Pengolahan Air Sumur Daerah Gambut," Jom FTEKNIK , vol. Volume 2 No. 1 , Februari 2015.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.