Strategi Pemasaran UMKM Nana’s Cake di Desa Hagu Teungoh Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe

Ismed Wijaya, Faisal Faisal, M. Yusuf, Nurmila Dewi, Said Herry Syafrizal, Teuku Zulkarnain

Sari


Usaha kuliner merupakan salah satu sektor usaha yang tumbuh dan banyak diminati atau jadikan sebagai usaha utama maupun sampingan dalam mengantisipasi dampak pandemik covid-19 yang berkepanjangan dan terjadinya perlambatan pertumbuhan ekonomi. Nana’s Cake merupakan salah satu UMKM yang bergerak pada Sektor usaha kuliner (pembuatan kue) yang juga merasakan dampak dari pandemik dalam hal terjadinya penurunan permintaan serta harga bahan baku yang mulai bergerak naik. UMKM Nana’s Cake adalah salah satu usaha kuliner pembuatan beraneka macam cake/kue yang terletak didesa Hagu Teungoh, Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Usaha ini awalnya dimulai dari hobi pemilik usaha (Ardiana) dalam membuat dan menghias kue. Saat ini rata-rata penjualan perbulan Rp.10 juta dengan tingkat keuntungan rata-rata 30 sampai dengan 40%. Berdasarkan kondisi tersebut kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi pengusaha Nana’s Cake dalam manajemen usaha untuk meningkatkan penjualan dan menjalankan strategi pemasaran yang tepat pada produk Nana’s Cake kepada kalayak masyarakat, sehingga mampu meningkatkan penjualan. Pelatihan manajemen pemasaran pada UMKM Nana’s Cake telah dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2021 bertempat dilokasi Usaha Nana’s Cake. Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam pengabdian ini yaitu memberikan pemahaman tentang manajemen pemasaran, melakukan redesain tampilan pada media social dan melakukan labeling produk pada kemasan untuk lebih memperkenalkan produk ini pada masyarakat.


Kata Kunci


Manajemen Pemasaran, Redesain, Labeling

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Politeknik Negeri Lhokseumawe, 2021. Pedoman Penulisan Proposal dan Pengabdian Masyarakat. Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Lhokseumawe 2021. www.p3m.pnl.ac.id/simpenmas

Bangsawan, Satria, 2016. “Manajemen Pemasaran Usaha Kecil.“ Yogyakarta : Graha Ilmu Information on http://www.amazon. com.

Jaidan Jauhari, 2010, “Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan e-commerce” Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 2, NO. 1, April 2010 Halaman 159-168 ISSN Print : 2085-1588 ISSN Online : 2355-4614 http://ejournal.unsri. ac.id/index.php/jsi/index

Muhammad Amirullah, 2018. Kelebihan Serta Kekurangan dari Pemasaran Tradisional dan Pemasaran Online. Surya Semesta Digital Media. https://www.suryasemesta.com/blog/artikel-4/post/kelebihan-serta-kekurangan-dari-pemasaran-tradisional-dan-pemasaran-online-18

R. Wier dan L. Kukuh, 2019, Pendamping Kewirausahaan, Penerbit CV. Revka Prima Media


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.