Pemanfaatan PLC Trainer untuk Meningkatkan Kompetensi Bidang Otomasi Industri Berbasis PLC Bagi Alumni Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe

Hanafi Hanafi, Rachmawati Rachmawati, Ipan Suandi, Radhiah Radhiah

Sari


Ikapolinel adalah wadah organisasi bagi alumni Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) untuk semua jurusan. Jumlah alumni yang tergabung dalam Ikapolinel ini sangatlah banyak, mengingat PNL mulai menyelenggarakan pendidikan sejak tanggal 5 Oktober 1987 dengan nama Politeknik Universitas Syiah Kuala. Dari sekian banyak alumni tersebut, tentulah terdapat alumni-alumni muda yang belum memiliki keterampilan praktis, sementara keterampilan ini dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan. Alumni-alumni muda yang belum memiliki keterampilan praktis ini dibekali ilmu teori dan praktek untuk meningkatkan kompetensi mereka. Salah satu bidang ilmu yang diberikan kepada alumni-alumni tersebut adalah bidang otomasi industri berbasis PLC. Dalam hal ini, PLC trainer yang digunakan adalah PLC trainer dari PT. OMRON. Pembekalan diberikan kepada Alumni muda Program Studi Teknologi Listrik, Teknologi Elektronika, dan Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi Jurusan Teknik Elektro PNL. Kegiatan dilaksanakan di Laboratorium PLC PNL dengan memanfaatkan peralatan berupa komputer, software CX Programmer, dan Trainer PLC. Jumlah peserta yang bergabung adalah 7 orang. Peserta diuji kompetensi setelah peserta mendapatkan semua ilmu teori dan praktek yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil uji kompetensi yang telah dilakukan, terdapat 6 orang peserta (85%) lulus, dan 1 orang peserta (15%) tidak lulus uji kompetensi. Peserta yang lulus mendapatkan sertifikat kompetensi bidang PLC dari PT. OMRON, yang merupakan pengakuan atas kemampuan peserta dalam bidang otomasi industri berbasis PLC.


Kata Kunci


CX Programmer, Ikapolinel, Otomasi Industri, PLC.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Wikipedia. 2021. Politeknik Negeri Lhokseumawe. Diakses 22 Oktober 2021 dari https://id.wikipedia.org/ wiki/Politeknik_Negeri_Lhokseumawe.

. Jurusan Teknik Elektro. 2021. Selamat Datang di Jurusan Teknik Elektro. Diakses 22 Oktober 2021 dari http://elektro.pnl.ac.id/news.php.

. OMRON. 2001. Beginner’s Guide to PLC. Version 2.0. Singapore: Omron Asia Pasific Pte. Ltd.

. OMRON. 2001. Sysmac CPM1/CPM1A/CPM2A/ CPM2C/SRM1(-V2) Programmable Controllers: Programming Manual. Japan: Omron Corporation.

. Setiawan, Iwan. 2006. Programmable Logic Kontroller (PLC) dan Teknik Perancangan Sistem Kontrol. Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.